7 Makanan Kaya Vitamin D, Demi Tulang dan Otot yang Sehat

Kompas.com - 02/12/2019, 08:24 WIB
Ilustrasi vitamin D shutterstockIlustrasi vitamin D
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sumber Vitamin D terbaik adalah melalui matahari. Vitamin D dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan imun.

Menurut ahli gizi untuk Work It Out, Lisa Bruno, R.D., Vitamin D juga bisa didapatkan dari sejumlah sumber makanan ketika kamu tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Kamu bisa menargetkan 600 IU per hari dan 1.000 IU jika tes darah mengatakan tubuhmu kekurangan Vitamin D.

Ada tujuh sumber makanan tinggi Vitamin D yang bisa kamu tambahkan ke dalam pola makan harianmu jika kamu tak cukup terpapar matahari, dilansir dari Runner's World:

1. Ikan berminyak

Tak hanya baik untuk jantung dan otak karena tinggi asam lemak omega 3, ikan-ikan berminyak seperti salmon atau tuna juga kaya akan Vitamin D.

Lemak pada ikan membantu tubuh menyerap Vitamin D. Ikan juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik untuk membantu pemulihan otot.

2. Susu atau jus 

Vitamin D seringkali ditambahkan (fortifikasi) ke dalam susu dan jus jeruk, namun jumlahnya secara signifikan lebih sedikit daripada dalam ikan berminyak.

Segelas jus jeruk terfortifikasi hanya mampu memenuhi sekitar 17 persen kebutuhan Vitamin D harian dan susu terfortifikasi hanya 16 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X