4 Alasan Kamu Perlu Bersyukur Punya Kulit Sawo Matang

Kompas.com - 02/12/2019, 08:50 WIB
Ilustrasi warna kulit shutterstockIlustrasi warna kulit
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki warna kulit sawo matang. Kabar baiknya, kulit sawo matang lebih rendah risiko terkena kanker kulit.

Meski demikian, semua jenis warna kulit tetap perlu waspada terhadap kemungkinan mengalami masalah akibat paparan sinar matahari.

Untuk mengetahui klasifikasi warna kulit seseorang, digunakan metode Fitzpatrick scale. Pertama kali ditemukan pada tahun 1975, sistem ini mengklasifikasikan warna kulit berdasarkan jumlah pigmen melanin pada kulit seseorang, serta reaksinya saat terpapar sinar matahari.

Metode Fitzpatrick untuk orang Indonesia

Rata-rata orang Indonesia berada di klasifikasi tipe kulit 3 dan 4. Skala Fitzpatrick adalah tipe kulit 1 hingga 6. Deskripsi tipe kulit 3 dan 4 adalah:

Fitzpatrick tipe kulit 3

Orang yang masuk dalam klasifikasi warna kulit ini memiliki warna kulit kuning langsat dengan undertone emas. Warna matanya kecokelatan, begitu pula dengan warna rambut alaminya.

Saat terpapar sinar matahari, bisa muncul bintik-bintik di pipi atau freckle. Bahkan apabila terpapar dalam jangka waktu lama, kulit bisa terbakar.

Fitzpatrick tipe kulit 4

Sebagian masyarakat Indonesia memiliki tipe kulit 4 dengan warna kulit sawo matang. Berbeda dengan tipe kulit 3, warna mata dan rambutnya lebih gelap. Ketika terpapar sinar matahari, kulit tipe 4 jarang terbakar namun tampak lebih gelap.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X