Habis Olahraga, Lebih Baik Mandi dengan Air Dingin atau Hangat?

Kompas.com - 02/12/2019, 09:31 WIB
Ilustrasi mandi torwaiIlustrasi mandi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setelah berolahraga, otomatis badan berkeringat dan kulit "dihinggapi" kotoran. Pastinya, mandi setelah berolahraga adalah kegiatan yang sangat menggoda.

Bayangkan saja segarnya mandi di bawah kucuran air dingin atau air hangat, ditambah dengan sabun yang bisa membersihkan kulit kita. 

Mandi dengan air dingin atau hangat setelah olahraga, ternyata memiliki manfaatnya masing-masing. Mari mulai dengan mengetahui manfaat mandi setelah olahraga, dengan air dingin terlebih dahulu.

Mungkin kamu pernah melihat atlet yang berendam dengan air berisikan es batu, sebagai cara untuk membuat tubuhnya rileks, setelah bertanding atau berlatih.

Jika tidak memungkinkan, kamu tidak perlu mandi dengan air dingin yang berisikan es batu layaknya atlet. Cukup turunkan saja temperatur airnya.

Apa saja manfaat mandi setelah olahraga, dengan air dingin itu?

Mempercepat proses penyembuhan otot

Setelah berolahraga, tentu saja otot dipaksa untuk kerja ekstra. Mandi dengan air dingin ternyata bisa mempercepat proses penyembuhan otot, serta mengurangi peradangan otot, setelah olahraga.

Perlu diketahui, mengurangi peradangan otot dengan mandi air dingin, bisa meminimalisir kemungkinan nyeri otot, pada keesokan harinya.

Membuat otot rileks

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X