6 Kebiasaan Harian Orang dengan Ingatan Kuat

Kompas.com - 03/12/2019, 08:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kita mungkin memiliki satu atau dua teman yang mampu mengingat setiap hal-hal detail atau peristiwa yang sudah lama terjadi. Mereka juga biasanya tidak pernah kerepotan mencari kunci, ponsel, atau benda-benda kecil lain yang kebanyakan orang selalu lupa di mana menaruhnya.

Kemampuan mengingat yang kuat itu tidak timbul begitu saja. Gaya hidup kita juga berpengaruh besar pada memori otak.

Sejumlah pakar mengatakan, mengikuti tips sederhana berikut akan membantu otak dalam memproses informasi dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan memorimu:

1. Berhenti multitasking

Orang-orang terbaik dunia dan para pemimpin tidak sering melakukan multitasking. Multitasking buknlah kebiasaan baik untuk pikiran sebab akan membagi pikiran kita dan membuat pikiran sulit memproses atau mengingat sesuatu ketika diperlukan.

Semakin banyak informasi yang dikonsumsi, maka semakin sedikit kita bisa menekankan pada hal-hal penting.

Beberapa praktik yang bisa kamu lakukan untuk mengukurnya adalah berhenti menggunakan ponsel ketika melakukan kegiatan-kegiatan mendasar, seperti membaca, makan atau menonton televisi. Sebab ponsel membuatmu fokus terganggu.

Baca juga: Bekerja Multitasking Justru Hambat Produktivitas

2. Mengorganisir

Mengumpulkan dan mengorganisir memori serta informasi dapat membantumu untuk fokus pada bagian-bagian penting dan membuang hal-hal yang tidak perlu.

Melakukan tugas-tugas rutin, sesederhana mencatat sesuatu, membersihkan atau mengatur pengingat bisa membantu menyimpan informasi, melakukan tugas secara efisien dan memastikan kamu tidak meninggalkan hal-hal penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X