Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2019, 13:04 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Jika sering makan di restoran Jepang, kamu tentu tak asing lagi dengan edamame, kacang kedelai utuh berwarna hijau yang masih belum matang dan lebih muda dari kacang kedelai biasa.

Kacang edamame dipanen ketika masih muda, lunak, dan hijau, mereka seringkali dijadikan camilan tinggi protein nabati yang sangat baik.

Selain tinggi nutrisi, kacang edamame juga tinggi antioksidan, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, dan secara alami bebas gula.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang gemar mengonsumsi edamame, camilan sehat ini ternyata memiliki segudang manfaat, lho.

1. Menjaga kesehatan jantung

Edamame mengandung serat dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Dalam sebuah studi diungkapkan, 50 gram protein kedelai per hari mampu membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 3 persen.

Studi ulasan lain menunjukkan bahwa makan 47 gram protein kedelai setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol total sebesar 9,3 persen dan kolesterol LDL sebesar 12,9 persen.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Saat Mengonsumsi Kedelai

2. Mencegah diabetes

Edamame tidak menyebabkan lonjakan level gula darah, karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, kacang berwarna hijau ini cocok untuk orang dengan diabetes.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sebagai makanan sumber serat, edamame juga dikenal mampu membantu mempertahankan berat badan ideal karena berfungsi sebagai penahan nafsu makan alami. Sehingga makan edamame bisa membantu menjauhkan kita dari makan berlebih.

Baca juga: Manfaat Kedelai untuk Mengendalikan Berat Badan

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com