4 Cara Alami Mengatasi Insomnia

Kompas.com - 03/12/2019, 14:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih menenangkan daripada berbaring di atas tempat tidur dan terlelap. Tidur di malam hari memastikan tubuh kita beristirahat, agar segar dan siap menghadapi hari esok.

Sayangnya, banyak orang memiliki hari-hari yang sangat sibuk, sehingga tidur menjadi momentun langka yang tidak selalu bisa didapatkan dengan optimal.

Maka tak jarang pula yang mengalami insomnia. Kondisi di mana kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk gelisah ketika berbaring di tempat tidur.

Banyak orang mengira insomnia adalah kurang tidur, padahal ini adalah kondisi yang mencegah kita dari tidur nyenyak.

Baca juga: Derita Insomnia, Cek Apakah ada Gangguan Perilaku Saat Kecil

Ada banyak penyebab di balik tidur yang terganggu, antara lain gaya hidup tidak sehat, pola makan buruk, stres, depresi, dan kecemasan.

Penggunaan gawai yang berlebihan juga bisa mengurangi waktu tidur berkualitas kita.

Masalah insomnia tidak harus selalu diatasi dengan konsumsi obat-obatan. Beberapa cara alami ini bisa kamu coba terapkan demi tidur malam yang nyenyak dan optimal:

1. Essential oil

Banyak dari kita yang sudah tahu bahwa essential oil bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Essential oil lavender bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga tubuh kita lebih siap untuk tidur.

Kita bisa menyemprotkan atau meneteskannya pada permukaan bantal dan seprai sebelum pergi tidur. Kamu bisa menghirup wanginya agar mampu tidur nyenyak.

2. Mencuci seprai

Ada alasan mengapa tempat tidur di hotel terlihat sangat mengundang dan terasa nyaman, sebab seprainya bersih dan tempat tidurnya nyaman.

Jadi, jika tempat tidur di tempat tinggalmu terlihat kurang mengundang, kamu mungkin bisa mengganti sepraimu dan memastikan wangi tempat tidurmu segar. Kamu juga bisa menata tempat tidurmu dan memilih bantal yang empuk dan nyaman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X