Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Make Up dan Peralatan Kecantikan Bisa Jadi Sarang Bakteri Loh...

Kompas.com - 03/12/2019, 20:03 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk riasan wajah dan peralatan kecantikan yang kerap digunakan oleh wanita rupanya bisa menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri.

Menurut para peneliti dari Aston University’s School of Life and Health Sciences, sebagian besar produk kosmetik seperti maskara, lip gloss, dan spons rias atau beauty blender terkontaminasi oleh bakteri seperti E. coli dan staphylococcus.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Berikut penjelasannya.

Biasanya, alat-alat make up sangat jarang dibersihkan. Bahkan beberapa alat rias yang jatuh, tak pernah dibersihkan. Belum lagi riasan yang diaplikasikan dengan tangan kotor, yang membuat bakteri semakin banyak.

Baca juga: Buanglah Produk Make Up Ini Setelah Jatuh Sakit

Pada alat rias yang harus diaplikasikan dalam keadaan basah seperti beauty blender yang memang harus dibiarkan dalam keadaan basah, hal ini secara tidak langsung dapat menciptakan kondisi yang sempurna bagi kuman berbahaya untuk berkembang biak.

Dari 467 produk yang diuji dalam penelitian ini, 77 persen dari eyeliners, 72 persen dari beauty blender, 69 persen dari mascara, 56 persen dari lipstik dan 55 persen dari lipgloss ditemukan membawa staphylococcus.

Selain itu, lebih dari seperempat beauty blender dan satu dari sepuluh lipstik dan lipgloss dinyatakan mengandung bakteri E coli.

Alat rias yang terkontaminasi bakteri E coli bisa berbahaya jika digunakan di dekat mata, mulut atau luka terbuka, produk yang terkontaminasi ini dapat menyebabkan infeksi atau bahkan keracunan darah.

Baca juga: 7 Perubahan yang Terjadi Pada Wajah Saat Berhenti Pakai Make Up

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com