Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan untuk Anak-anak Perempuan dalam Kalender Adven The Body Shop

Kompas.com - 03/12/2019, 22:33 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa satu per tiga dari 1.800.000.000 populasi anak muda di dunia tidak mendapatkan pendidikan, pelatihan, maupun pekerjaan yang layak?

Apakah kamu juga tahu bahwa setengah dari populasi dunia adalah perempuan, tetapi 70%-nya mendapatkan upah 48% lebih rendah daripada pria untuk pekerjaan yang sama?

Perempuan muda bahkan memiliki resiko 3 kali lebih besar untuk menjadi penggangguran dan putus sekolah. Padahal sebagian besar anak perempuan memiliki cita-cita tak kalah tinggi dibanding anak lelaki.

Nah, untuk menyambut Natal kali ini, The Body Shop ingin membantu anak perempuan di seluruh dunia untuk bermimpi lebih, tidak sekedar berangan-angan menjadi seorang putri seperti dalam cerita dongeng.

Maka tak heran bila kalender adven dari The Body Shop kali ini bergambar seorang perempuan mengenakan baju Sinterklas sedang mengendarai roket. Pesannya tentu mengajak perempuan untuk mengejar cita-cita setinggi mungkin, sekaligus memberi kebahagiaan pada lebih banyak orang.

Dalam kalender adven ini kamu akan mendapatkan 24 produk favorit pilihan dari bath & body collections, termasuk Special Edition Christmas bodycare, seperti Juicy Pear Hand Cream, Warm Vanilla Shower Gel, Juicy Pear Body Butter, dan masih banyak lagi!

Ilustrasi yang dibuat oleh artis perempuan, Helena Perez Garcia pada kotak kalender adven ini menunjukkan harapan-harapan bagi anak perempuan untuk tidak membatasi mimpi-mimpi mereka.

Sejak awal didirikan oleh Anita Roddick, The Body Shop selalu mengutamakan kesetaraan hak. Pemberdayaan perempuan dilakukan sejak awal dengan menggandeng komunitas-komunitas perempuan dalam perdagangan yang adil dengan perusahaan asal Inggris itu.

Baca juga: Berarti Bagi Sesama, Kisah Anita Roddick dan Perempuan di Kathmandu

Dalam sejarahnya, bahan-bahan yang dipakai The Body Shop selalu didapatkan dari petani-petani perempuan di seluruh dunia, terutama agar para perempuan itu bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

Meneruskan tradisi itu, tahun ini, The Body Shop bekerja sama dengan Plan International, sebuah badan amal yang terfokus pada hak dan kesetaraan anak terutama anak perempuan di seluruh dunia.

Dalam kerjasama ini The Body Shop menggalang dana, baik lewat pembelian produk maupun sumbangan langsung, untuk membiayai program pemberdayaan perempuan.

Bila kamu berbelanja The Body Shop pada bulan November dan Desember 2019, maka kamu akan mendukung Plan International untuk menyediakan pelatihan keterampilan bagi 1.500 anak perempuan di Indonesia dan Brazil.

Khusus untuk Indonesia, program ini akan dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah tersebut dipilih karena merupakan salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, lapangan kerja yang terbatas, angka perkawinan anak yang tinggi, dan tenaga kerja migran ilegal.

The Body Shop bersama Plan International, akan memberikan pelatihan untuk 330 anak muda NTT yang mayoritas adalah perempuan, agar mendapatkan pekerjaan yang layak atau memulai berwirausaha.

Dan seperti ilustrasi yang menggambarkan anak perempuan dengan pakaian astronot, bagi anak-anak di seluruh dunia, The Body Shop juga memberikan pesan: "Jadilah antariksawan. Jadilah insinyur. Jadilah presiden atau perdana menteri. Jadilah aktivis. Jadikan mimpimu kenyataan..."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com