Program Grab untuk Layani Lebih Banyak Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 04/12/2019, 07:39 WIB
Bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional, Selasa (3/12/2019), Grab Indonesia memaparkan inisiatif Mendobrak Sunyi. Sebuah inisiatif untuk menciptakan ruang kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Sheila RespatiBertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional, Selasa (3/12/2019), Grab Indonesia memaparkan inisiatif Mendobrak Sunyi. Sebuah inisiatif untuk menciptakan ruang kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

JAKARTA, KOMPAS.com –Aplikasi serba bisa, Grab, memperbarui platformnya agar lebih inklusif dan bisa diakes semua orang, termasuk para penyandang disabilitas.

Grab Indonesia memperkenalkan fitur GrabGerak yang bisa dapat digunakan oleh semua penumpang disabilitas baik buta, tuli, hingga cacat fisik, untuk memesan layanan transportasi di aplikasi ini.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, fitur GrabGerak ini sudah tersedia di Jakarta dan Yogyakarta sejak tahun 2018. Nantinya, pada Desember 2019 akan diperluas ke wilayah Semarang dan Medan.

Neneng menjelaskan, sebelum menjadi bagian dari GrabGerak, setiap pengemudi telah mendapat pelatihan cara melayani penumpang disabilitas, termasuk penanganan kursi roda dan perangkat mobilitas lainnya.

"Kami mengedukasi terlebih dahulu ke pengemudi GrabGerak bagaimana cara membantu penumpang disabilitas, seperti cara memapahnya, cara membantu mendirikan ke kursi roda, membantu mereka masuk ke dalam mobil, lalu melipat kursi rodanya," ujar Neneng dalam acara di Jakarta (3/12).

Diharapkan dengan perluasan jangkauan GrabGerak ini, Grab bisa melayani lebih banyak penyandang disabilitas. Grab juga telah bermitra dengan 17 rumah sakit dan pusat rekreasi untuk mendukung kebutuhan mobilitas penyandang disabilitas.

Salah seorang pengemudi dari GrabGerak, Hamdan, mengatakan dalam pelatihan itu ia diberi tahu bagaimana cara bersikap dan menolong penumpang disabilitas.

“Tidak semua penyandang disabilitas mau dibantu karena jadi merasa tidak mampu melakukan aktivitas,” ujar Hamdan.

Pria yang sudah dua tahun menjadi pengemudi di Grab ini mengaku sangat bangga dan senang bisa melayani penyandang disabilitas.

“Cara berterima kasih mereka berbeda, saya didoakan juga,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X