Kompas.com - 04/12/2019, 13:44 WIB
Ilustrasi pisang goreng shutterstockIlustrasi pisang goreng
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pisang goreng adalah salah satu panganan yang paling populer, entah itu digoreng tepung atau diberi topping beragam, seperti yang banyak ditawarkan di mana-mana. Namun hati-hati, meskipun cuma camilan, kalori pisang goreng bisa setara sepiring nasi!

Jika dikonsumsi dalam bentuk buah, pisang kaya akan manfaat berkat kandungan potasium, kalsium, zat besi, juga antioksidan.

Akan tetapi, ketika diolah dalam bentuk pisang goreng, bisa jadi kandungan nutrisi ini berkurang akibat proses pengolahan dan kalorinya justru bertambah.

Bukan tanpa alasan segala jenis gorengan termasuk pisang goreng kerap dituding sebagai sumber kolesterol. Untuk membuat sebuah pisang goreng, ada campuran tepung dan gula yang tidak sedikit.

Kemudian, prosesnya juga meliputi menggorengnya dalam minyak. Tinggi lemak? Sudah pasti. Bahkan, sering kali lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh.

Kalori pisang goreng

Meski hanya camilan yang belum tentu membuat kenyang, satu buah pisang goreng rata-rata mengandung 3,58 gram lemak, termasuk lebih dari 50 miligram kolesterol.

Artinya, satu porsi pisang goreng saja sudah menyumbang 5 persen konsumsi lemak jenuh dalam tubuh. Dalam sehari, tubuh dibatasi mengonsumsi tidak lebih dari 7 persen kebutuhan dalam sehari.

Bagaimana dengan kalorinya? Rupanya, kalori pisang goreng mencapai 140 kalori atau setara sepiring nasi.

Pertanyaannya kemudian, apakah seseorang hanya mengonsumsi pisang goreng satu saja? Biasanya satu masih kurang, karena rasa yang enak dan kita menganggapnya tak apa makan banyak buah. Namun, coba kalikan saja berapa kalori pisang goreng dengan jumlah yang dikonsumsi.

Baca juga: Manfaat Pisang Jauh Lebih Manis dari Rasanya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X