Cara Bahagia Saat Merasa Sendiri di Tengah Keramaian

Kompas.com - 04/12/2019, 19:17 WIB
ilustrasi kesepian shutterstockilustrasi kesepian
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dunia memang semakin ramai dan dipenuhi banyak manusia. Walau begitu, kita acap kali merasa sendiri dan kesepian. Terlebih seiring waktu, kita mungkin semakin merasa jauh dengan teman-teman lama dan belum bertemu dengan teman baru yang cocok.

Agar tak menjadi masalah dan tak menjelma menjadi kesepian yang kronis, ada beberapa saran yang bisa dilakukan saat merasa sendiri.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kita terapkan agar tetap semangat menghadapi hari:

1. Batasi penggunaan media sosial

Jika terus-menerus scrolling di linimasa media sosial membuat kamu merasa tersisih dan tertekan, alokasikanlah waktu untuk membatasi penggunaan media sosial tersebut.

Kamu bisa mencoba absen dari penggunaan media sosial selama 48 jam. Jika kondisi suasana hati semakin membaik, aturlah durasi penggunaan media sosial dan usahakan untuk mematuhi aturan tersebut.

Baca juga: 5 Alasan Media Sosial Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

2. Melakukan me time

Mungkin terdengar klise, tetapi ‘berkencan’ dengan diri sendiri atau me time dapat menjadi cara yang ampuh untuk belajar menjadi bahagia saat merasa sendiri.

Tidak yakin apa yang harus dilakukan? Beberapa ide yang bisa dicoba, yaitu makan di restoran kesukaan sendirian, atau menonton film di bioskop sendirian.

Beberapa dari kita mungkin tak terbiasa melakukannya. Sebagai permulaan, kamu bisa sekadar duduk di kedai kopi hanya 10 menit. Belajarlah untuk mengamati lingkungan di sekitar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X