Yoga Mata, Olahraga Ringan untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Kompas.com - 05/12/2019, 14:27 WIB
Ilustrasi mata sehat shutterstockIlustrasi mata sehat

KOMPAS.com - Mata berfungsi sebagai kamera tubuh yang memungkinkan kita untuk melihat dan memasukkan berbagai hal ke dalam memori.

Tapi sama seperti perangkat yang kita gunakan, organ juga bisa tanpa sadar digunakan secara berlebihan, sehingga membutuhkan istirahat untuk tetap berfungsi dengan baik.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa rata-rata pekerja kantor menghabiskan 1.700 jam per tahun di depan layar komputer. Itu belum termasuk menatap layar ponsel atau tablet yang digunakan saat istirahat di rumah.

Waktu menatap layar yang berlebihan telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan mata, seperti kelelahan mata, mata kering, sakit kepala, dan insomnia.

Sayangnya, kebanyakan orang masih terus terpaku menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer dan perangkat gadget lainnya.

Baca juga: Bahaya Kebiasaan Menggosok Mata

Banyak orang menjadi tergantung pada ponsel mereka. Dari mulai urusan berbelanja, terhubung dengan teman, memeriksa berita hingga mengatur tugas kantor atau rumah tangga, gadget dan internet memang memberikan kemudahan.

Kemungkinan memang sulit bagi banyak orang untuk tidak menggunakan ponsel, tablet, dan komputer mereka untuk jangka waktu yang lama agar mata mereka beristirahat.

Kabar baiknya, kini ada latihan yang bisa dilakukan pada mata demi kesehatan mata.

Yoga mata kini telah menjadi salah satu latihan yang dilakukan, semenjak makin banyak orang yang mengalami kelelahan mata karena kesibukan dan kehidupan yang selalu bersentuhan dengan gadget.

Mereka biasanya merasakan sakit, lelah, mata terasa terbakar, mata terasa gatal, sensitif pada cahaya, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Sama seperti yoga pada umumnya, pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas, dalam hal ini pada mata, untuk membantu meningkatkan fokus penglihatan.

Baca juga: Mengatasi Mata Kering dan Iritasi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X