Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2019, 22:54 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini busana Populo Batik meluncurkan sekuel terakhir dari perayaan 25 Tahun Populo bertajuk Tommorow. Kali ini, Populo bekerjasama dengan model yang juga artis peran, Kelly Tandiono.

Dalam koleksi ini, Populo bersama Kelly ingin menyuarakan perubahan iklim dunia yang semakin panas karena pemanasan global.

Hal ini tergambar dengan corak “Warming Stripes" yang memvisualisasikan suhu rata-rata tahunan di bumi dengan garis-garis warna dari tahun 1850 hingga kini.

Joseph Lim selaku Founder and Creative Director Populo mengatakan, isu ini sangat relevan dengan keadaan iklim saat ini yang semakin panas karena perubahan iklim.

“Untuk itu, kita sebagai lini busana berpikir untuk melakukan suatu tindakan demi mencegah dampak perubahan iklim itu, agar tidak semakin besar,” kata Joseph Lim dalam jumpa pers Populo X Kelly Tandiono, di Aquatic Stadium GBK, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Gaya Kelly Tandiono, Pakai Busana dari Botol Plastik Bekas

Pemilihan Kelly sebagai kolaborator juga sengaja dilakukan demi selarasnya proyek ini. Pasalnya, sebagai model yang juga artis peran, Kelly dianggap telah menyuarakan sustainability dan perubahan iklim.

“Selain model, pemain film, dan aktif di triathlon, Kelly juga menjadi representasi yang pas untuk memberikan perubahan pada negara ini,” kata Bai Soemarlono, selaku Founder and Creative Director Populo.

Berkolaborasi dengan Kelly, membuat Populo menggabungkan tiga elemen triathlon yakni, renang dengan diwakili oleh elemen air, bersepeda diwakili elemen angin, dan lari dengan elemen bumi.

Motif ini digunakan untuk menonjolkan penampilan sportif yang ingin dimunculkan dalam koleksi ini.

Pemilihan warna juga berdasarkan tema perubahan iklim, di mana dalam peragaan busana warna biru lebih dahulu ditampilkan sebagai pertanda bumi yang masih beriklim normal, hingga saat ini.

Baca juga: Alasan Kelly Tandiono Rajin Bawa Karung Saat Traveling

“Dulu kan langit kita biru sangat dingin, sampai akhirnya langit kita merah, itu di zona merah peringatan buat kita smeua kita harus berubah sekarang,” kata Kelly.

Dalam fashion show ini juga menampilkan para muse dari berbagai latar belakang termasuk selebriti seperti, Mira Lesmana, Dwi Sasono, Tara Basro, Hannah Al Rasyid, dan Sheryl Sheinafia.

Mereka yang ikut serta dalam peragaan busana ini juga ingin menyuarakan hal yang sama dengan Populo dan Kelly, yakni tentang perubahan iklim.

“Ini kenapa kita pakai 27 muse dari berbagai macam background, itu supaya kita bisa go hand in hand untuk mengampanyekan ini,” ucap Kelly.

Baca juga: Terobsesi Kurus, Kelly Tandiono Pernah Lakukan Crash Diet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com