Menyikat Gigi Tiga Kali Sehari Dapat Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Kompas.com - 06/12/2019, 08:41 WIB
Ilustrasi menyikat gigi thinkstock/miya227Ilustrasi menyikat gigi

KOMPAS.com -  Sejak kamu kecil, dokter gigi yang kamu jumpai selalu menganjurkan menyikat gigi selama dua menit.

Namun rupanya, bukan hanya panjangnya waktu menyikat gigi yang diperlukan, frekuensi dari seringnya kamu menyikat gigi juga penting.

Menurut sebuah penelitian dari Ewha Women's University di Seoul, menyikat gigi lebih dari satu kali di pagi hari dan sekali di malam hari dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga lebih dari 10 persen.

Menggunakan data dari Sistem Asuransi Kesehatan Nasional Korea, para peneliti menganalisis kebersihan mulut lebih dari 160.000 orang berusia antara 40 dan 79 selama periode 10 setengah tahun.

Data itu juga menyertakan perincian tentang tinggi badan, berat badan, pilihan gaya hidup, dan penyakit apa pun yang pernah mereka derita sebelumnya.

Baca juga: Sikat Gigi Bambu, Langkah Kecil Kurangi Sampah Plastik

Dari hasil penelitian sementara, tidak ada peserta yang memiliki riwayat atrial fibrilasi (suatu kondisi yang menyebabkan gagal jantung), tiga persen dari peserta tidak timbul gejala selama penelitian. Selain itu, sekitar lima persen mengalami gagal jantung.

Para peneliti lantas menghubungkan antara peserta yang menyikat gigi tiga kali atau lebih dalam sehari dan menemukan bahwa 10 persen dari mereka memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami fibrilasi atrium, serta 12 persen pengurangan risiko menderita gagal jantung.

Hasil ini cukup menjanjikan meski harus diakui, penelitian lebih lanjut diperlukan pada topik ini karena hubungan sebab akibat dari asosiasi ini masih belum jelas.

"Sudah pasti terlalu dini untuk merekomendasikan menyikat gigi untuk pencegahan AF (atrial fibrilasi) dan CHF (gagal jantung kongestif)," catat para penulis penelitian.

"Sementara peran peradangan dalam terjadinya penyakit kardiovaskular menjadi semakin jelas, studi intervensi diperlukan untuk menentukan strategi, demi kepentingan kesehatan masyarakat,” demikian dari peneliti.

Baca juga: Samakah Efek Berbagi Sikat Gigi dengan Berciuman?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X