Kata Desainer soal Gaya Berpakaian Kasual ala Nadiem Makarim

Kompas.com - 06/12/2019, 09:26 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di acara Hari Dongeng Nasional Kemdikbud/Jilan RifaiMendikbud Nadiem Makarim di acara Hari Dongeng Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, gaya berpakaian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, ramai dibincangkan di media sosial.

Salah satu video yang beredar di media sosial memperlihatkan Nadiem mengenakan kemeja hitam dengan lengan digulung, celana jeans, ujung baju yang tidak dimasukkan ke celana, loafer, serta tas ransel bak anak kuliah.

Pada keterangan yang beredar, momentum tersebut merupakan kunjungan kerja Nadiem ke Jawa Timur.

Gaya berpakaian mantan bos Gojek itu dianggap santai, kasual, dan tidak seperti pejabat pada umumnya.

Lalu, apa pesan yang tersirat di balik gaya berbusana santai ala Menteri Nadiem?

Baca juga: Cara Istri Nadiem Makarim Berbagi Waktu Antara Keluarga dan Kesibukan

Desainer senior Musa Widyatmodjo memandang, lewat pakaian, Nadiem ingin menyampaikan bahwa cara berbusana tersebut adalah citra dirinya sebagai menteri milenial.

"Secara fashion, yang ingin disampaikan adalah kesan muda, kasual, bersahaja, tidak protokoler."

Demikian diungkapkan Musa kepada Kompas Lifestyle, Kamis (5/12/2019).

Namun, sesuatu yang di luar kebiasaan dikhawatirkan menimbulkan satu reaksi dari masyarakat, baik reaksi positif maupun negatif. Dikhawatirkan, ada pula yang justru memberikan reaksi yang tidak perlu.

"Misal pejabatnya biasa rapi, formal menyambut Pak Nadiem bergaya seperti itu jadi canggung, dan lain sebagainya. Kunjungan berikutnya semua jadi bingung, 'Saya pakai apa ya?', jadinya itu yang diributkan. Bukan laporan atau hal-hal penting lainnya," kata pria yang sudah menggeluti dunia fesyen lebih dari 25 tahun itu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X