Sukses di Belanda, Ray M Siapkan 20 Lagu Nusantara untuk Tur Eropa

Kompas.com - 09/12/2019, 13:14 WIB
Ray-M (kanan) saat persiapan konser di Belanda, beberapa waktu lalu. Dia berpose bersama Karen Idol. KOMPAS.com/RENI SUSANTIRay-M (kanan) saat persiapan konser di Belanda, beberapa waktu lalu. Dia berpose bersama Karen Idol.

KOMPAS.com – Musisi multi instrumentalis Ray Martosono ( Ray-M) bersama Karen “Idol” Pooroe, Juli lalu, melakukan konser di Belanda11-30 Juli 2019.

Keduanya manggung di 20 titik. Puncaknya, mereka tampil di Kwaku Festival pada 27 Juli 2019 di Amsterdam, Belanda.

Pada ajang tersebut, mereka meluncurkan album terbarunya “Next to The Past” yang berisi lagu-lagu Maluku yang diaransemen ulang.

“Konser berjalan lancar. Saya menyukai konser di sana, terutama di Kwaku Festival, yang nonton 30.000an orang,” ujar Ray kepada Kompas.com di Bandung, Minggu (8/12/2019).

Baca juga: Ray M-Karen Pooroe Luncurkan Album Lagu Maluku di Belanda

Selain ia dan Karen, sejumlah artis nasional Indonesia ikut meramaikan panggung utama Kwaku Festival. Mereka di antaranya Doddy Latuharhari dan Yopie Latul.

Ray menjelaskan, dalam waktu dekat, tepatnya awal 2020 ia akan melanjutkan tour di Eropa. Kali ini, ia akan mengusung lagu-lagu asli kompilasi dari 20 daerah di Indonesia.

“Ada 20 lagu dengan memainkan 20 jenis alat musik selama 20 menit. Tur 2020 ini akan dibantu semua rekan–rekan dan keluarga dari Ray–Mate Community,” ungkap dia.

Ia berharap, proyek konser ini menginspirasi para musisi lainnya dan membantu mewarnai permusikan di Indonesia.

Selain itu, ada dua proyek yang sedang ia lakukan bersama rekan-rekannya.

Baca juga: Arti Musik bagi Mawang, Penyanyi Nyentrik yang Viral di Media Sosial

Pertama, membuka kelas music Master Class di Bandung bersama Inang Noorsaid (Drum) dan Franky Sadikin (Bass).

Kedua, membuka R&B House of Art di Braga, tepatnya di bekas Kamal Photo. Tempat ini ditujukan untuk siapa pun pecinta seni di Indonesia terutama yang berada di Bandung.

“Agar para pecinta seni ini memiliki tempat sharing dan nongkrong yang lebih positif dan mereka pun bisa memamerkan hasil karya mereka di tempat ini,” tutup dia.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X