Kembangkan Bisnis, Toko Online Juga Butuh Gerai Penjualan Offline

Kompas.com - 09/12/2019, 15:55 WIB
Ritel offline pertama Kotoko di Plaza Indonesia Jakarta. Kompas.com/Lusia Kus AnnaRitel offline pertama Kotoko di Plaza Indonesia Jakarta.

KOMPAS.com - Di tengah meledaknya e-commerce dan toko online, pembelanjaan berbasis offline tidak akan hilang dan tetap memegang peranan penting dalam keputusan belanja konsumen.

CEO Kotoko, Cynthia Krisanti, mengatakan bahwa di negara-negara maju saat ini trennya adalah toko online justru membuka toko offline.

“Justru sekarang banyak yang membuka toko offline, tapi bukan untuk penjualan. Konsumen butuh tetap memegang langsung produk yang akan dibelinya,” kata Cynthia di sela acara pembukaan toko ritel Kotoko pertama di Plaza Indonesia Jakarta (7/12).

Walau begitu, menurut Cynthia, bagi brand-brand kecil tak mudah mendapatkan tempat di mal karena faktor biaya.

Kotoko, sebuah perusahaan rintisan yang menawarkan menawarkan solusi ritel berbasis omnichanel, memberikan akses offline pada brand independen di lokasi yang strategis dan terjangkau.

“Toko omnichanel pertama kami di Plaza Indonesia, tempat ini kami pilih karena citra mal ini sebagai mal yang premium sehingga kami berharap Kotoko dan brand-brand yang ada di toko ini juga bisa dianggap sebagai brand yang bagus,” ujarnya.

Dalam dua tahun ke depan, Kotoko berencana membuka beberapa toko lagi di lima kota besar di Indonesia.

Setiap brand yang bergabung akan dikurasi dan disesuaikan dengan pasar yang ada di mal tersebut.

Di Plaza Indonesia, ada 16 brand fashion yang telah bergabung dengan Kotoko. Dengan harga yang relatif masih terjangkau, menurut Cynthia, Kotoko memang menargetkan para pekerja di perkantoran sekitar mal ini.

“Biasanya mereka masih generasi milenial yang daya belinya belum masuk ke brand-brand premium yang ada di Plaza Indonesia. Jadi kami mengisi kekosongan itu,” paparnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X