Kompas.com - 09/12/2019, 19:54 WIB

KOMPAS.com - Saat keramas atau mencuci rambut, kamu mungkin melihat helai demi helai rambut berjatuhan, bahkan hingga menyumbat saluran pembuangan air.

Menurut dokter spesialis kulit, Wilma Bergfeld, Md, sebenarnya, menemukan gumpalan rambut di kamar mandi atau di sisir adalah hal yang normal.

Tapi tentu pada kondisi tertentu kerontokan rambut yang sangat banyak perlu diwaspadai.

Rambut rontok, normal atau tidak?

Kita memiliki sekitar 250.000 rambut di kepala. Beberapa folikel rambut bahkan dapat dipecah menjadi beberapa helai.

Rata-rata orang kehilangan 50 hingga 100 helai rambut sehari, tetapi ini tergantung pada panjang dan ketebalan rambut. Orang dengan rambut lebih pendek atau lebih tipis tentu akan rontok lebih sedikit.

Ketika orang berambut panjang dan tebal keramas, mereka bisa kehilangan 150 hingga 200 helai rambut. Tapi biasanya, jika di hari berikutnya kamu tidak keramas, rambut tidak akan rontok sebanyak itu lagi.

Baca juga: Tak Hanya Penyakit Serius, Polusi Udara Juga Sebabkan Rambut Rontok

Orang-orang yang hanya keramas sekali atau dua kali dalam seminggu kemungkinan akan mengalami kerontokan lebih banyak, saat mereka memutuskan untuk keramas.

“Sebagian besar rambut rontok terjadi di kamar mandi, meski memang masih akan kehilangan beberapa helai rambut lagi saat kita menyisirnya setelah keramas,” kata Dr Bergfeld.

“Tetapi, jika rambutmu terus rontok beberapa waktu setelah keramas atau kamu tiba-tiba menemukan banyak rambut rontok di pakaian, hati-hati itu bisa menandakan masalah,” lanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.