Kompas.com - 10/12/2019, 07:27 WIB
Ilustrasi mengatur waktu makan karandaevIlustrasi mengatur waktu makan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diet puasa atau yang populer dengan istilah intermittent fasting diklaim sebagian pihak sebagai salah satu diet paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Beberapa studi ilmiah juga mendukung temuan tersebut. Salah satunya adalah studi yang dipublikasikan pada Cell Metabolism. Studi tersebut fokus pada diet puasa dengan jendela makan 10:14.

Artinya, pelakunya memiliki waktu makan 10 jam dan 14 jam berpuasa. Contohnya, jika makan pertamamu adalah pukul 07.00, maka makan terakhirmu adalah pukul 17.00.

Studi tersebut merekrut 19 orang dewasa dengan berat badan berlebih yang memiliki gula darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Pendekatan pola makan baru diberikan kepada mereka untuk dijalankan selama tiga bulan.

"Biasanya, orang-orang akan menjalankannya mulai pukul 08.00 hingga 18.00," kata Dr. Pam Taub, penulis studi dan kardiolog dari University of California, San Diego School of Medicine.

Baca juga: Mengenal Intermittent Fasting, Pola Diet untuk Turunkan Berat Badan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para sukarelawan dijaga agar tetap terhidrasi dengan baik sepanjang periode puasa. Para peneliti tidak hanya mencatat waktu makan mereka, tetapi juga kebiasaan tidurnya.

Hasilnya sangatlah positif.

Taub menambahkan, mereka melihat adanya pengurangan berat badan sebesar 3 persen dan penurunan lemak visceral (lemak pada perut) sebesar 4 persen.

"Kami tidak meminta mereka mengubah apa yang mereka makan," katanya.

Meski tidak ada perubahan jenis makanan, mempersempit jendela makan pada kelompok tersebut ternyata mampu menurunkan konsumsi hingga 10 persen kalori.

Baca juga: Mengenal Puasa Intermiten dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.