Jawaban Zozibini Tunzi yang Membuatnya Meraih Mahkota Miss Universe

Kompas.com - 10/12/2019, 08:20 WIB
Puteri Afrika Selatan Zozibini Tunzi saat ditetapkan sebagai jawara Misa Universe 2019. IstimewaPuteri Afrika Selatan Zozibini Tunzi saat ditetapkan sebagai jawara Misa Universe 2019.

KOMPAS.com - Puteri Afrika Selatan, Zozibini Tunzi resmi dianugerahi mahkota Miss Universe 2019. Banyak orang berpendapat gadis cantik dan cerdas ini memang layak mendapat gelar puteri sejagat.

Dalam malam puncak pemilihan Miss Universe yang menyisakan tiga finalis, yakni Afrika Selatan, Puerto Rico, dan Meksiko, Tunzi memberikan jawaban yang jujur dan berbeda pada topik yang ditanyakan juri.

Gadis berusia 26 tahun itu mendapat pertanyaan tentang apa yang harus diajarkan pada gadis remaja saat ini. Jawabannya adalah kepemimpinan.

“Itu adalah sesuatu yang kurang dimiliki remaja dan wanita untuk waktu yang sangat lama, bukan karena kami tidak mau, tetapi karena masyarakat yang telah memberi label,” katanya.

“Aku merasa kita, para wanita, adalah makhluk yang terkuat di dunia, dan kita seharusnya diberi setiap kesempatan. Hal ini lah yang seharusnya kita ajarkan pada remaja saat ini, untuk mengambil ruang,” lanjutnya.

Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan usai dinobatkan menjadi menjadi Miss Universe 2019 di Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia, 8 Desember 2019.AFP/GETTY IMAGES/PARAS GRIFFIN Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan usai dinobatkan menjadi menjadi Miss Universe 2019 di Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia, 8 Desember 2019.

Zozibini merupakan gadis kulit hitam yang memenangkan kompetisi ini sejak Leila Lopes di tahun 2011.

“Aku berharap setiap gadis kecil bisa melihat wajah mereka yang tercermin di diriku. Aku tumbuh di dunia di mana wanita dengan penampilan sepertiku, dengan kulit dan rambut seperti ini tidak pernah dianggap cantik. Ini harus dihentikan,” kata dia.

Zozibini merupakan seorang aktivis yang lantang menyuarakan hak dan persamaan perempuan.

Kampanye Zozibini sebagai Puteri Afrika Selatan juga termasuk bekerja sama dengan HeForShe, organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang direpresentasikan oleh selebriti seperti Emma Watson yang mengajak laki-laki untuk bersama perempuan menjunjung kesetaraan gender.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X