Rambut Bermasalah, Bisa Jadi Akibat Tidak Tahu Cara Keramas yang Benar

Kompas.com - 10/12/2019, 09:06 WIB
Ilustrasi keramas Hoby FinnIlustrasi keramas
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa makna keramas bagimu? Sebagai bagian dari rutinitas saat mandi atau justru momen yang ditunggu-tunggu dan dilakukan sepenuh hati?

Terlepas dari bagaimana anggapanmu, penting untuk tahu cara keramas yang benar. Sesuaikan cara keramas ini dengan jenis rambutmu.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seputar keramas. Bukan hanya membersihkan rambut seperti halnya membersihkan tubuh saja, kamu perlu tahu juga bagaimana caranya, produk apa yang digunakan, hingga frekuensi keramas yang tepat.

Baca juga: Cara Keramas yang Benar agar Rambut Bersih dan Sehat

Untuk mengetahui cara keramas yang benar, kamu perlu tahu jenis rambut dan kondisi kulit kepala. Berikut ini beberapa cara keramas yang benar sesuai dengan kondisi rambut setiap orang:

1. Rambut berminyak

Bagi orang yang memiliki rambut berminyak, kebutuhan untuk keramas bisa jadi lebih tinggi ketimbang orang dengan jenis rambut lain.

Hanya dalam waktu singkat, rambut bisa kembali berminyak atau lepek karena kelebihan produksi minyak dari kulit kepala.

Idealnya, cara keramas yang benar untuk rambut berminyak adalah setiap 2 hari sekali. Tak perlu setiap hari karena rambut akan memproduksi minyak yang sama terlepas dari frekuensi keramas.

Jika kamu menggunakan kondisioner, hanya gunakan pada ujung-ujung rambut. Jangan aplikasikan kondisioner pada bagian kulit kepala.

Kurangi penggunaan produk perawatan rambut seperti gel dan mousse karena hanya akan menambah produksi minyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X