Rajin Hitung Asupan Kalori, Bobot Regan Turun 36 kg

Kompas.com - 11/12/2019, 08:39 WIB
Transformasi berat badan Regan Patterson. Instagram @regan_pattersonTransformasi berat badan Regan Patterson.

KOMPAS.com - Ada banyak makanan ringan dan juga minuman yang tidak membuat kenyang tapi sebenarnya mengandung kalori tinggi. Ini sebabnya pengetahuan tentang jumlah kalori dari apa yang kita asup menjadi penting agar kita lebih berhati-hati.

Regan Patterson (27) merupakan contoh orang yang berhasil menurunkan berat badannya dengan disiplin menghitung kalori.

Olahraga bukan hal asing bagi Regan. Pada masa sekolah ia menjajal beberapa jenis olahraga dan selalu menjaga berat badannya tetap ideal. Namun, memasuki masa kuliah, kebiasaan itu hilang. Regan bahkan menjadi pribadi yang jauh lebih tidak aktif.

Makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji menjadi menu kesehariannya saat itu. Hingga pada suatu hari, Regan meyakini dirinya harus berubah karena beratnya saat itu mencapai 100,6 kg.

Usahanya berbuah hasil, hingga ia berhasil menurunkan 36 kg. Seperti apa tipsnya?

1. Memilih makanan sehat

Regan mulai dengan memilih opsi makanan sehat. Mulai dari sayur-sayuran, buah- buahan, serta sumber protein tanpa lemak. Demi menjaga konsistensi makan sehat, Regan mengurangi makan di luar dan mengonsumsi minuman tinggi kalori.

2. Mengitung asupan kalori

Ia mulai rajin menghitung asupan kalori, terutama makronutrien (karbohidrat, protein dan lemak). Regan memastikan dirinya mendapatkan asupan protein yang cukup serta terus mengawasi asupan karbohidrat dan lemaknya. "Kebiasaan ini mengajarkanku banyak hal dan mampu menerapkan diet seimbang," ucapnya.

Baca juga: Batasi Kalori pada Orang Sehat dengan Bobot Ideal, Apa Dampaknya?

3. Variasi makanan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X