Kompas.com - 12/12/2019, 21:48 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Munculnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun rupanya, pemilihan produk sampo yang salah juga bisa menimbulkan jerawat di wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Menurut dokter spesialis kulit dari Erha, Dr. Purnama Sari, sampo bisa menjadi salah satu penyebab jerawat karena lokasi rambut yang berdekatan dengan wajah, terutama dahi.

“Ditambah lagi dengan aktivitas yang membuat bagian hairline berkeringat dapat memperparah jerawat," ujar Purnama Sari dalam peluncuran Erha Skin and Hair Series Hadir di AEON Store Health, Beauty and Cosmetic pada Selasa (10/12/2019).

Untuk itu, Purnama Sari mengimbau untuk memperhatikan pemilihan produk rambut.

“Biasanya produk-produk untuk rambut yang mengandung oil, itu juga kadang-kadang jadi salah satu penyebab jerawat yang ada di wajah kita,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Abaikan 5 Hal Ini Dalam Memilih Sampo

Kasus ini kebanyakan ditemui pada wanita. Pasalnya, biasanya wanita menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak seperti conditioner dan vitamin rambut.

“Apalagi yang bentuknya oil, otomatis akan berefek pada kulit kita,” katanya.

Purnama Sari menyarankan untuk menghindarkan rambut agar tak mengenai wajah, terutama saat berkeringat atau setelah beraktivitas seharian. Purnama Sari juga menyarankan untuk memilih sampo yang berbahan aman.

“Bisa memakai sampo berformula lembut dan ramah untuk kulit wajah," katanya.

Baca juga: Rambut Anda Berminyak? Kurangi Pakai Sampo dengan Kandungan Ini



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X