Bayi Memasukkan Kaki ke Mulut Berarti Pertanda Baik

Kompas.com - 14/12/2019, 12:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak pertumbuhan dan perkembangan yang ditunjukkan oleh bayi. Selain menunjukkan bahwa bayi tumbuh sesuai usianya, juga ada sisi menggemaskan saat Si Kecil melakukan itu semua.

Seperti babbling dengan mulutnya yang kecil, bersendawa saat melakukan kontak mata langsung, atau memasukkan kaki mereka di mulutnya. Tapi yang paling terakhir memang nampak aneh. Mengapa bayi memasukkan kaki ke mulut?

1. Bagian dari pembelajaran

"Salah satu cara utama saat bayi belajar adalah dengan menggunakan mulut mereka. Ini adalah cara bayi untuk merasakan berbagai rasa dan sensasi," kata Elisabeth Oxenrider, Praktisi Perawat Neonatal di Pusat Medis Dokter di Modesto, California.

Elisabeth menjelaskan, saat bayi mulai bisa lebih banyak mengontrol tubuhnya dan memiliki kemampuan untuk memasukkan kaki ke mulut, bayi menyadari bahwa dia menemukan sesuatu yang baru dan menarik.

“Bagi beberapa bayi, tindakan mengisap jari kaki mereka mungkin menenangkan. Bagi yang lain itu adalah bentuk permainan yang menyenangkan,” tambahnya.

Menurut penelitian pada 2017 oleh Endocrine and Metabolic Disorders, mulut dipenuhi oleh ujung saraf yang membawa informasi sensorik ke otak.

Ketika bayi meletakkan tangan, kaki, atau bahkan mainan ke dalam mulut, dia sebenarnya mencoba untuk mencari tahu bagaimana benda itu terasa.

Alasan mengapa bayi memasukkan kaki ke mulut salah satunya adalah kaki merupakan mainan yang tidak pernah jauh, dan kadang-kadang satu-satunya pilihan untuk bayi yang tidak bisa bergerak untuk bermain.

Baca juga: Jangan Buru-buru Beri Makanan, Bayi Menangis Bukan Cuma karena Lapar

2. Bagian dari eksplorasi
"Sederhananya, bayi meletakkan kaki mereka di mulut mereka karena mereka bisa," ujar Ben Hoffman, M.D., dokter anak di OHSU Doernbecher Children's Hospital.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X