7 Manfaat Bunga Lawang, Rempah Unik yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 15/12/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi bunga lawang shutterstockIlustrasi bunga lawang
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin tidak pernah mendengar apa itu bunga lawang. Jangan salah, bunga lawang bukan termasuk jenis bunga pada umumnya. Ini adalah salah jenis rempah-rempah unik yang kaya rasa.

Bunga lawang sering digunakan sebagai penyedap makanan karena aroma harum yang dimilikinya. Secara ilmiah, bunga lawang dikenal dengan nama Illicium verum.

Bunga berwarna coklat ini berbentuk mirip bintang yang terdiri dari delapan ruas. Pada tiap ruasnya terdapat biji kecil berwarna coklat.

Selain untuk masakan, rempah ini juga banyak dijadikan sebagai obat-obatan herbal yang dipercaya mengandung banyak khasiat. Lantas, apa saja manfaat bunga lawang?

Berbagai obat herbal umumnya memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, tak terkecuali bunga lawang.

Bunga lawang kaya akan flavonoid dan polifenol sehingga rempah ini dianggap baik bila digunakan sebagai obat herbal. Selain itu, beberapa senyawa dalam bunga ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Linalool
  • Quercetin
  • Limonene
  • Anethole
  • Asam galat
  • Asam shikimat

Terkandungnya berbagai senyawa tersebut, membuat bunga lawang memiliki sifat antiperadangan, antioksidan, dan antimikroba.

Selain itu, rempah yang satu ini juga mengandung zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, lemak, dan serat makanan yang tak kalah baik untuk tubuh.

Jumlah kalori dalam bunga lawang juga cukup rendah, yakni 1 sdm bunga lawang hanya mengandung 23 kalori.

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Sejak dulu, bunga lawang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Untuk mengetahui khasiatnya bagi kesehatan, berikut berbagai manfaat bunga lawang yang bisa kita dapatkan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X