Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Depresi Hingga Lancarkan Aliran Darah, Ini Manfaat Ginkgo Biloba

Kompas.com - 15/12/2019, 09:09 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

 

KOMPAS.com - Sejak lama, ginkgo biloba dikenal berkat manfaatnya yang beragam. Mulai dari biji dan daun yang menjadi bagian penting dari pengobatan tradisional Tiongkok, hingga manfaat ginkgo biloba yang sering dikaitkan dengan fungsi otak serta sirkulasi darah.

Ginkgo biloba adalah tanaman yang banyak tumbuh di Tiongkok, Jepang, dan Korea. Bentuknya adalah pohon besar dengan daun berbentuk seperti kipas.

Daun dari ginkgo biloba inilah yang dikenal kaya manfaat, terlepas dari ada atau tidaknya penelitian ilmiah yang mendukung hal tersebut.

Dua hal yang paling menonjol dari ginkgo biloba adalah fungsi antiradang dan antioksidan sehingga membuat tubuh lebih sehat. Belum lagi kemampuan ginkgo biloba untuk melancarkan aliran darah.

Lalu, apa saja manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan?

1. Meningkatkan fungsi otak

Otak sebagai salah satu organ terpenting manusia bisa mendapatkan manfaat ginkgo biloba yang bisa meningkatkan fungsinya.

Dari beberapa penelitian, orang yang rutin mengonsumsi ginkgo biloba memiliki daya ingat lebih baik serta kemampuan fokus lebih lama.

Meski demikian, ginkgo biloba tidak berpengaruh signifikan terhadap fungsi eksekutif atau kapasitas memberi perhatian otak.

2. Baik untuk sirkulasi darah

Sudah sejak berabad-abad silam,  pengobatan tradisional Tiongkok meyakini bahwa sirkulasi darah bisa lebih lancar berkat mengonsumsi ginkgo biloba.

Dulu, biji-bijian ginkgo biloba digunakan untuk memperlancar aliran darah ke organ seperti ginjal, hati, otak, dan juga paru-paru.

Dalam sebuah penelitian, diketahui ginkgo biloba dapat meningkatkan aliran nitrogen oksida ke seluruh tubuh hingga 12%.

Berkat manfaat ginkgo biloba ini, kesehatan jantung juga semakin meningkat. Bahkan, ginkgo biloba juga dapat mencegah stroke.

3. Meredakan PMS

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com