Apa itu Chukka Boots? Mari Mengenalnya Lebih Dekat

Kompas.com - 15/12/2019, 20:57 WIB
chukka boots shutterstockchukka boots
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu mungkin sering melihatnya, namun tidak tahu nama sepatu ini. Ya chukka boots adalah sepatu setinggi pergelangan kaki yang mendapatkan namanya dari permainan polo.

Di Indonesia dan juga di banyak negara, sepatu jenis ini --khususnya yang berwarna hitam-- dipakai sebagai sepatu dinas harian tentara. Namun sebenarnya chukka boots juga dikenal sebagai salah satu item fashion yang mudah dipadukan dengan gaya casual.

"Chukka adalah sepatu boots simpel setinggi pergelangan kaki, yang dibuat dari tiga bagian kulit, dengan dua atau tiga lubang tali," ujar Tim Little, pemilik dan direktur kreatif brand sepatu Grenson.

"Asal namanya tidak diketahui dengan pasti, namun banyak orang menduganya berasal dari permainan polo, karena saat itu tentara-tentara Inggris yang bertugas di India memakai sepatu jenis itu,"lanjutnya.

Clarks desert bootsKompas.com/Glori Wadriyanto Clarks desert boots
Walau sejarahnya terkait dengan dunia militer, namun saat ini chukka dianggap sebagai sepatu boots paling nyaman dan cocok dipasangkan dengan celana kerja, jeans, chino, bahkan celana pendek.

Chukka sering disamakan dengan desert boots, padahal sebenarnya berbeda. Semua desert boots adalah chukka, namun tidak semua chukka adalah desert boots. Desert boots adalah chukka yang memakai sol karet mentah atau crepe.

Desert boots sendiri dikenakan oleh tentara Inggris pada Perang Dunia II, lalu dibuat ulang oleh brand sepatu Inggris Clarks menggunakan sol karet. Sol karet ini membuatnya makin nyaman dipakai dan praktis, sekaligus lebih santai atau kasual.

Bagaimana mengenakan chukka boots?

Ilustrasi chukka bootsfashionbeans Ilustrasi chukka boots
Sepatu yang dulunya dibuat dari kulit suede ini, sekarang hadir dalam berbagai bahan dan warna. Apapun pilihanmu, ini adalah jenis boots yang mempunyai tempat khusus dalam dunia fashion modern, dan bisa dipakai baik ke kantor maupun jalan-jalan.

Chukka juga dianggap sebagai sepatu yang ada dalam perbatasan antara sepatu resmi dan kasual, sehingga kamu bisa memadukannya dalam gaya resmi dengan celana bahan, maupun gaya santai dengan jeans atau chino.

Kebanyakan chukka boots berwarna cokelat. Namun seiring berkembangnya metode penyamakan kulit, berbagai warna kini dihadirkan. Bahkan desert boots dari Clarks dibuat dalam hampir semua warna.

Bila kamu ingin tampil lebih resmi, pilihlah warna yang lebih gelap dan hindari sepatu yang warnanya terlalu kontras dengan celanamu. Sebaliknya warna-warna terang bisa dipakai untuk memberi kesan lebih rileks.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X