Anak Sulit Disuruh Tidur, Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 16/12/2019, 12:24 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orangtua mungkin mengalami satu masalah yang sama, yaitu meminta anak pergi tidur. Ketika memasuki usia sekitar 18 bulan, rata-rata anak sudah pandai mengatakan "tidak".

Salah satu momen mereka menggunakannya adalah ketika diminta pergi tidur.

Anak-anak seringkali terlihat tidak pernah lelah dan tetap berlarian ke sana kemari meski waktu tidur telah tiba.

Faktanya, sebuah jajak pendapat dari Yayasan Tidur Nasional (National Sleep Foundation) menemukan bahwa sepertiga dari balita dan setengah dari anak-anak prasekolah terbiasa beralasan pada waktu tidur.

Dokter anak sekaligus pakar tidur dan perkembangan anak, Dr. Harvey Karp, menjelaskan melalui laman Insider tentang penyebab anak sulit disuruh tidur. Beberapa alasannya antara lain:

1. Terlalu bersemangat melakukan suatu kegiatan. Mulai dari menonton televisi, berlarian di rumah, atau bahkan menikmati makanan atau minuman kesukaannya.

2. Ada gangguan. Ini bisa berupa sorotan cahaya, suara keras atau ketidaknyamanan lain, seperti sakit gigi, gerah, kedinginan, gatal, makan malam terlalu larut, dan lainnya.

3. Selalu ingin tahu dan keras kepala. Mungkin saja mereka enggan pergi ke kamar tidur karena ingin menyaksikan apa yang orang lain lakukan.

4. Mungkin juga mereka sulit tidur karena membutuhkan bantuan. Misalnya, mereka tak bisa tidur tanpa dibacakan cerita, dipeluk, atau kebiasaan lainnya.

5. Ketakutan. Banyak anak sulit tidur karena tidak suka sendirian dan memiliki banyak kekhawatiran, seperti takut ada orang asing masuk, suara anjing, atau petir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X