Sering Pusing Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kompas.com - 17/12/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi sakit kepala shutterstockIlustrasi sakit kepala
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mengalami sakit kepala saat bangun tidur? Jika iya, kamu tidak sendiri. Pasalnya, tak sedikit orang yang mengeluhkan kondisi tersebut.

Bahkan, beberapa orang mungkin merasa goyah hingga nyaris terjatuh saat beranjak dari tempat tidur akibat bangun tidur merasa pusing. Meski umumnya tidak berbahaya, pusing saat bangun tidur bisa saja mengganggu aktivitas sepanjang hari.

Lantas, apa penyebab sakit kepala saat bangun tidur? Bisakah kondisi tersebut diatasi? 

Ada berbagai penyebab bangun tidur terasa pusing. Mulai dari gangguan tidur, dehidrasi, hingga kondisi kesehatan tertentu. Meski demikian, sakit kepala saat bangun tidur adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang dan tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Sering Pusing Saat Bangun Tidur, Mungkin Ini Sebabnya

Sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari dapat disebabkan oleh perubahan posisi, dari berbaring tidur semalaman, menjadi duduk atau langsung berdiri, yang dilakukan secara tiba-tiba.

Akibatnya, cairan di telinga bagian dalam bergeser sehingga menyebabkan pusing. Kondisi ini dapat terjadi, misalnya saat kita kaget akibat dibangunkan oleh suara alarm atau ketukan di pintu.

Apabila sedang pilek atau memiliki sinus, sakit kepala saat bangun tidur bisa terasa semakin memburuk. Ini karena kamu memiliki kelebihan cairan dan pembengkakan di sinus yang berkaitan dengan telinga bagian dalam.

Bangun tidur pusing pada pagi hari, terutama pukul 4-8 pagi, bisa juga disebabkan oleh tubuh yang memproduksi lebih sedikit hormon penghilang rasa nyeri alami.

Sementara, hormon adrenalin diproduksi dalam jumlah lebih banyak pada jam-jam tersebut. Adrenalin memengaruhi tekanan darah dan pelebaran pembuluh darah sehingga menyebabkan serangan sakit kepala saat bangun tidur.

Kendati demikian, pusing saat bangun tidur mungkin saja dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab di antaranya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X