Virgil Abloh Memprediksi Tren Streetwear Akan Mati pada 2020

Kompas.com - 19/12/2019, 07:54 WIB
Virgil Abloh. Getty ImagesVirgil Abloh.

KOMPAS.com -  Virgil Abloh merupakan nama besar di balik label Off-White dan digilai para pecinta streetwear. Meski begitu, desainer ini justru memprediksi tahun 2020 streetwear akan mati.

Hal itu diungkapkan Abloh dalam sebuah wawancara terbaru bersama Dazed. Ia mendiskusikan banyak topik, mulai dari foto ikonik bersama Kanye West pada 2009 hingga apa yang tengah dikerjakannya di Louis Vuitton.

Namun, ada satu hal yang mengundang perhatian lebih dari desainer kondang tersebut, yakni prediksinya tentang masa depan streetwear.

"Kubilang ini akan mati. Di pikiranku, memangnya berapa banyak kaus, hoodie, sneakers yang bisa kita miliki?" katanya.

Ia mengatakan, tren yang akan mengambil alih pada tahun depan adalah vintage fashion.

Melihat kembali pada foto-foto pekan mode Tommy Ton 2009 bersama Kanye dan Fonzworth Bentley, Abloh merasakannya sebagai dasar dari ide demokratisasi mode.

"Ini seperti kutipan inspiratif yang mengatakan, 'Kamu akan diolok-olok dan kemudian di masa depan semua orang mengadopsi apa yang pernah mereka olok-olok'," ujar Abloh.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyinggung tentang penunjukannya sebagai direktur artistik lini pakaian pria Louis Vuitton, label fashion paling bergengsi di dunia.

Baginya, kesempatan tersebut adalah sesuatu yang awalnya tampak mustahil.

Dulu ia berpikir bahwa mode adalah salah satu industri yang akan memaksa orang-orang untuk merasakan bahwa dirinya tidak layak berada di sana.

"Sebagai anak kulit hitam muda dari Rockford, Illinois, dari orangtua imigran dari Ghana, Afrika Barat, itu seperti mustahil. Seperti masuk dalam kategori tidak akan pernah terjadi dalam hidup," ucap Abloh.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X