Bagaimana Cara Menyimpan ASI Perah dengan Tepat?

Kompas.com - 19/12/2019, 12:12 WIB
Ilustrasi ASI perah shutterstockIlustrasi ASI perah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sangat wajar ketika ibu yang baru masuk ke fase menyusui merasa bingung bagaimana cara menyimpan ASI perah. Berbeda dengan menyusui langsung (direct breastfeeding), ASI perah diperoleh dari proses memerah dengan pompa ASI.

Tak hanya ibu bekerja, terkadang ibu yang tidak bekerja pun ingin memerah ASI untuk menyimpan cadangan atau ketika produksi ASI miliknya melimpah. Satu hal yang pasti, menyimpan ASI perah harus di wadah yang memang khusus untuk menyimpan ASI.

Menyimpan ASI perah dengan tepat akan menjamin stok ASI tetap aman dan terjaga kualitasnya. Jangan sampai ASI jadi terbuang sia-sia atau rusak hanya karena tidak tahu cara menyimpan ASI perah yang benar.

Cara menyimpan ASI perah

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mengetahui cara menyimpan ASI perah adalah mempersiapkan peralatannya, di antaranya:

  • Pompa ASI (elektrik atau manual)
  • Botol kaca
  • Plastik khusus ASI
  • Kulkas untuk menyimpan ASI

Bagi ibu menyusui yang bekerja, kebutuhan di atas perlu dilengkapi dengan cooler bag, ice gel, dan peralatan lain seperti nursing cover dan pengisi daya pompa. Siapkan pula sabun cuci khusus untuk membilas botol pompa atau botol kaca usai digunakan.

Baik menyimpan ASI perah di botol kaca maupun plastik khusus ASI sama-sama benar. Itu hanya pilihan mana yang dirasa lebih praktis. Menggunakan botol kaca artinya perlu mencuci namun botol kaca tersebut bisa dipakai kembali.

Namun ketika menyimpan ASI perah dengan plastik khusus, artinya itu hanya bisa dipakai satu kali. Ingat, tidak ada plastik ASI yang bisa dipakai berulang. Plastik ASI pun harus benar-benar rapat dan tidak rawan bocor.

Biasanya, plastik penyimpan ASI perah dilengkapi dengan klip segel dua lapis serta bagian di depan untuk menuliskan tanggal dan nama.

Baca juga: Berapa Lama ASI Perah Boleh Disimpan di Kulkas?

Simpan sesuai tanggal

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X