Jaga Kestabilan Emosi, Ibu Perlu Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Kompas.com - 19/12/2019, 21:08 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Sebagai seorang ibu, menghadapi anak dan urusan rumah tentu sangat melelahkan. Hal yang sama juga dihadapi para ibu bekerja, yang harus membagi perhatian antara pekerjaan dan keluarga.

Rasa lelah yang menumpuk ini tak jarang menjadi awal dari stres yang bisa dirasakan oleh ibu. Itu sebabnya sangat penting untuk memiliki waktu sendiri ( me time) demi menjaga kestabilan emosi.

“Penting dilakukan apakah harus melakukan hobi, atau hanya dengan menyediakan waktu untuk diri kita. Simplenya kita harus relaksasi untuk kita saja,” ujar psikolog Alexandra Gabriela dalam jumpa pers peluncuran Mama’s Choice Relaxing Massage Oil, dalam rangkaian acara Mother’s Day with Mama’s Choice #MamaTakSendiri di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Me time, atau menyediakan waktu untuk diri sendiri sebenarnya tak harus meninggalkan rumah atau pergi jauh ke taman maupun tempat wisata. Alexandra mengatakan, me time bisa saja dilakukan di rumah seperti mandi berkualitas.

“Kalau sudah gitu bisa fokus ke diri sendiri, bisa dengan mandi, dipijat-pijat kepalanya sendiri sambil keramas itu juga bisa dibilang sebagai bentuk dari me time,” ujar psikolog dari Ciputra Medical Center ini.

Baca juga: Manfaat Ibu Muda Bergabung dengan Komunitas Parenting

Selain itu, memeluk diri sendiri dengan teknik butterfly hug juga bisa menenangkan diri. Terlebih bila hal itu dilakukan dengan menambahkan aroma terapi yang bisa membuat tubuh lebih rileks, seperti aroma bunga lavender.

Caranya adalah dengan meletakan tangan secara mengilang ke bagian lengan seperti sedang memeluk diri sendiri.

Usap usapkan aroma terapi ke tubuh, tepuk-tepuk pelan pelan bagian lengan dengan telapak tangan, lalu pejamkan mata.

“Sambil membayangkan tempat yang mama suka, misalnya taman bunga, bayangin tempat yang luas, rasakan ketika mengirup dan bayangin menyentuh bunga. Dimana kita rileks dan fokus pada diri kita sendiri,” ujar Alexandra lagi.

Selanjutnya, para ibu juga bisa memutar film dan memutar lagu favorit dengan sebelumnya menitipkan si kecil pada pengasuh, suami, atau anggota keluarga yang lain, selagi kamu me time.

“Tonton film-film yang tentang alam yang hijau-hijau, karena kan bisa saja pemandangan dalam laut atau apa, enggak semaksimal di taman sih, tapi bisa membantu,” ujar Alexandra.

Me time juga mungkin dilakukan bersama si kecil. Saat anak sudah mulai bisa diarahkan, kita bisa mengajak mereka untuk melakukan aerobik bersama. Bergerak dan olahraga, terbukti mampu mengurangi stres.

“Kalau lebih besar lagi, anak dan mama bisa aerobik bersama. Jadi memaksimalkan waktu yang ada saja,” ujar Alexandra.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X