Kompas.com - Diperbarui 14/03/2022, 08:55 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gigitan ular tidak hanya terjadi saat kita berada di hutan. Sebab, belakangan banyak laporan soal kedatangan ular di kawasan permukiman. Tak main-main, salah satu jenis ular yang ditemukan di kawasan padat penduduk adalah ular kobra yang berbisa.

Sebenarnya ular adalah hewan yang menghindari manusia. Kehadiran ular di pemukiman karena mereka mengikuti makanannya, seperti tikus atau hewan lain.

Walau tidak ingin bertemu manusia, tetapi jika terpojok atau tidak sengaja terinjak, ular bisa menyerang untuk mempertahankan diri. Oleh karenanya, ada baiknya kita mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama ketika digigit ular sebagai antisipasi.

Medical editor SehatQ, dr Anandika Pawitri, mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan setelah digigit ular adalah mengidentifikasi ular tersebut dan segera mencari pertolongan ke rumah sakit.

"Perhatikan, jika ular tersebut kemungkinan adalah ular berbisa, segera datangi IGD untuk mendapat pertolongan medis," kata dr Anandika.

Ia menjelaskan, di perjalanan menuju IGD, berbaringlah dan pastikan luka gigitan lebih rendah dari jantung. Tujuannya, agar racun atau bisa ular, tidak menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh.

Jika ular yang menggigit tidak berbisa, luka tersebut bisa mendapat perawatan untuk luka tusuk. Namun, pada ular berbisa, gigitannya tidak hanya menyebabkan luka.

Baca juga: Tak Hanya Kobra, Jenis Ular Lainnya Juga Patut Diwaspadai Beberapa Bulan ke Depan

Beberapa gejala ini bisa dirasakan jika seseorang digigit ular berbisa:

  • Dua luka tusukan yang ada di kulit
  • Bengkak dan kemerahan di sekitar luka
  • Rasa sakit di bagian gigitan ular
  • Kesulitan bernapas
  • Peningkatan detak jantung
  • Muntah dan mual
  • Penglihatan kabur
  • Berkeringat dan terus mengeluarkan air liur
  • Mati rasa di wajah dan bagian badan lainnya

Segera cari pertolongan, terutama dari pihak medis yang memahami cara menangani luka gigitan ular berbisa. Jika dibiarkan terlalu lama, efeknya bisa berakibat fatal.

Sembari menanti pertolongan medis, ada sejumlah langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.