Kompas.com - 20/12/2019, 22:39 WIB
Ilustrasi keluarga yang sedang menonton televisi di rumah. ThinkstockIlustrasi keluarga yang sedang menonton televisi di rumah.

KOMPAS.com - Sebagai orangtua yang sibuk bekerja, cukup sulit memang meluangkan waktu khusus untuk anak setiap harinya.

Belum lagi bila kedua orangtua harus bekerja dan meninggalkan anak bersama anggota keluarga lainnya maupun pengasuh.

Namun, ahli parenting menyebutkan bahwa memberikan waktu walau hanya sepuluh menit setiap hari untuk anak, sangatlah berpengaruh untuk perkembangan si kecil.

Awalnya memang terdengar sangat sederhana, tetapi ini adalah praktik sehari-hari yang sebenarnya membutuhkan disiplin.

Meluangkan waktu walau hanya sepuluh menit per hari dirasa sangat efektif, dengan catatan orangtua harus benar-benar fokus pada anak tanpa teralihkan dengan pekerjaan rumah atupun gawai.

Baca juga: Tantangan Orangtua Membesarkan Anak Generasi Alpha

Dengan demikian, si kecil tahu bahwa Ayah dan Ibunya benar-benar menyisihkan waktu untuknya.

Beragam kegiatan bisa kamu lakukan dengan si kecil walau hanya dalam waktu sepuluh menit, mulai dari permainan imajinatif hingga sensorik. Orangtua juga bisa sekaligus belajar banyak tentang minat anak.

Untuk menyiasati agar waktu 10 menit itu bisa dilakukan setiap hari, kamu dan pasangan bisa bergantian melakukannya.

Misalnya, di pagi hari adalah waktu ibu, saat makan malam adalah waktu bersama ayah. Namun akan lebih baik bila dilakukan bersamaan.

Pasalnya, ketika anak-anak tidak mendapatkan kekuatan atau perhatian dengan cara-cara positif, mereka cenderung bertindak yang menurutnya baik, yang padahal bisa saja tidak.

Jadi, yuk kita luangkan waktu!

Baca juga: Orangtua Harus Tahu, Langkah-langkah Agar Anak Cerdas dan Cemerlang



Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X