BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Enggak Mesti Pelesiran, Liburan Juga Bisa Kamu Nikmati Sambil Rebahan

Kompas.com - 21/12/2019, 08:01 WIB
Liburan di rumah juga bisa lebih menyenangkan ShutterstockLiburan di rumah juga bisa lebih menyenangkan
|
Editor M Latief

KOMPAS.comLiburan akhir tahun datang sebentar lagi dan tiap orang punya cara tersendiri untuk menikmati momen satu itu.

Ada yang memilih berpelesir, ada juga yang memutuskan tidak ke mana-mana alias di rumah saja. Namun, apapun pilihannya, sejatinya momen liburan memang harus dinikmati sebaik mungkin.

Toh, sekalipun hanya diisi dengan rebahan di rumah, bukan berarti liburan menjadi tidak seru. Justru dengan begitu Anda bisa lebih bersantai, apalagi mengingat cuaca penghujung tahun yang cenderung sering mendung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan bahwa puncak curah hujan tinggi akan terjadi sepanjang Desember 2019 hingga Januari 2020 di beberapa wilayah Indonesia.

Bila merujuk prediksi dari BMKG tersebut, maka mengisi liburan dengan berleha-leha di rumah sepertinya terasa lebih menyenangkan. Apalagi sambil melakukan aktivitas berikut ini.

1. Movie marathon

Tak hanya menghibur, menonton film ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan jiwa dan pikiran. Ini diungkapkan Gary Solomon, profesor psikologi dari Community College of Southern Nevada, Amerika Serikat.

Gary, dalam laman Psych Central, Kamis (20/12/2018) mengatakan, film berfungsi sebagai terapi untuk mengembalikan motivasi diri hingga memulihkan pikiran dari depresi. Inilah yang akhirnya disebut sebagai cinematherapy.

Bahkan, Gary menambahkan, ada beberapa efek positif lainnya yang dihasilkan dari menonton film, seperti membantu melepaskan emosi, menjadikan kita lebih memahami kehidupan, melatih fokus, dan memberikan efek kelegaan sementara.

Dengan segala manfaat tersebut, maka tak ada salahnya mencoba aktivitas yang satu ini saat liburan nanti.

Bersantai di rumah sambil ditemani makanan atau minuman favoritShutterstock Bersantai di rumah sambil ditemani makanan atau minuman favorit

2. Sambil menyantap makanan favorit

Rasa-rasanya, nonton film bakal makin menyenangkan bila dilengkapi dengan makanan dan minuman favorit.

Namun, bila persediaannya tidak ada atau malas membuatnya, Anda tak perlu khawatir. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini urusan membeli makan atau minuman bukan lagi perkara sulit.

Bahkan, Anda bisa melakukannya sembari rebahan tanpa harus meninggalkan aktivitas yang sedang berjalan.

Caranya, apalagi kalau bukan dengan memanfaatkan layanan pesan antar makanan online yang kini tengah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat, sebagaimana hasil survei Nielsen Singapura pada September lalu.

Adapun hasil survei tersebut menunjukkan 58 persen masyarakat Indonesia ternyata lebih suka memesan makanan lewat aplikasi pesan-antar makanan online daripada repot-repot pergi membeli langsung.

Selain praktis, kecenderungan masyarakat lebih suka memesan makanan atau minuman lewat layanan pesan-antar makanan, seperti GoFood lantaran adanya beragam promo menarik. Tentu hal ini menguntungkan para penggunanya.

Sebagai informasi, GoFood – yang telah bekerja sama dengan lebih dari 500.000 mitra usaha kuliner di Asia Tenggara – tengah menggelar Festival Promo MaMiMuMeMo 2.

Dalam program yang bakal digelar hingga 12 Januari 2020 tersebut, pengguna dapat menikmati beragam promo menarik.

Sebut saja promo harian dengan diskon 40 persen dan promo Happy Hour setiap Senin pukul 13.00-16.00 dengan potongan harga 70 persen di semua mitra usaha kuliner GoFood yang tergabung dalam Festival Promo MaMiMuMeMo 2.

Selain promo, pengguna GoFood juga berkesempatan memenangkan beragam hadiah menarik, seperti sejumlah mobil, motor, dan smartphone yang totalnya senilai lebih dari satu miliar.

Lewat Festival Promo MaMiMuMeMo 2, pengguna dapat menikmati beragam promo menarik, seperti diskon 40 persen dan promo Happy Hour setiap Senin pukul 13.00-16.00 dengan potongan harga 70 persen di semua mitra usaha kuliner GoFood yang tergabung dalam program ini. dok. GoFood Lewat Festival Promo MaMiMuMeMo 2, pengguna dapat menikmati beragam promo menarik, seperti diskon 40 persen dan promo Happy Hour setiap Senin pukul 13.00-16.00 dengan potongan harga 70 persen di semua mitra usaha kuliner GoFood yang tergabung dalam program ini.

3. Main game sepuasnya

Liburan merupakan waktu terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Namun, itu bukan berarti tak melakukan apa-apa, karena momen liburan juga bisa Anda gunakan untuk tetap mengasah otak. Salah satunya dengan bermain game.

Dilansir Hello Sehat, Minggu (11/3/2019), game tidak hanya mengubah cara kerja otak tapi juga strukturnya. Misalnya pada video game, jenis permainan ini diketahui memengaruhi tingkat fokus dan kemampuan berpikir otak.

Selain itu, bermain video game juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menerjemahkan konsep visual. Contohnya membaca jarak, membedakan bentuk dan warna, hingga menempatkan suatu benda.

Jelas saja, saat bermain game seluruh bagian otak akan bekerja, termasuk bagian yang berhubungan dengan proses visual, pengelolaan perhatian, fungsi motorik, dan integrasi sensomotorik, sebagaimana disadur dari Psychology Today.

Nah, bila Anda memang seorang gamer dan karena kesibukan kerja membuat hobi Anda ini terhenti, maka liburan nanti adalah saat tepat untuk melanjutkannya.

Sementara itu, bagi Anda yang tidak terlalu menyukai game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), masih ada banyak jenis permainan yang bisa Anda jajal. Contohnya puzzle, trivia, atau sejenisnya.

4. Baca buku favorit

Selain game, membaca buku juga menjadi salah satu cara mengasah otak selama liburan. Bahkan, membaca memiliki dampak positif yang serupa dengan menonton film.

Hal tersebut diungkapkan para peneliti dari University of Sussex. Hasilnya, membaca selama enam menit dapat membantu mengurangi stres secara signifikan, yaitu hingga 68 persen.

Malah penelitian lainnya, yakni dari Yale University’s School of Public Health menemukan, dengan membaca seseorang berpotensi memiliki kesempatan hidup lebih lama.

Selain membantu mengurangi stres dan memperpanjang umur, membaca buku juga melatih rasa empati.

The New School for Social Research menemukan, saat seseorang membaca buku—khususnya fiksi— maka ia mampu memahami apa yang dipikirkan orang lain dari emosi yang disajikan.

Dari segala manfaat tersebut, ditambah dapat dilakukan sambil rebahan, maka tak ada salahnya Anda mengisi liburan dengan membaca.

Namun ingat, Anda perlu mengatur jarak pandang agar nantinya tidak terjadi gangguan pada mata.

5. Sleep vacation

Tak ada yang lebih menyenangkan selain bisa bangun siang dan bermalas-malasan setelahnya. Dalam hal ini tidak melakukan aktivitas yang menuntut banyak tenaga dan pikiran, seperti bekerja.

Mungkin saja beberapa minggu kemarin Anda kurang tidur lantaran kesibukan pekerjaan. Maka, liburan nanti jadi waktu yang pas untuk Anda beristirahat.

Pasalnya, dokter spesialis hipertensi sekaligus penulis buku dr. Yoshihiko Watanabe mengatakan, kurang tidur dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh maupun pikiran.

Adapun efek negatif tersebut di antaranya memicu timbulnya stres dan menyebabkan tingginya tekanan darah.

Jadi, manfaatkanlah waktu liburan untuk membayar utang tidur Anda.

Nah, itulah beberapa aktivitas santai yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan momen liburan Anda.

Bagi para pencinta kuliner yang gemar promo, jangan lewatkan Festival Promo MaMiMuMeMo 2, ya! Nantikan juga kejutan menarik pada puncak promo 11 Januari 2020 nanti.

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya