Tips Bersihkan Noda dan Lemak pada Peralatan Makan

Kompas.com - 23/12/2019, 12:10 WIB
Ilustrasi cuci piring ShutterstockIlustrasi cuci piring

KOMPAS.com - Liburan akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengadakan acara kumpul-kumpul sambil makan bersama keluarga dan teman dekat di rumah.

Sebagai tuan rumah, setelah acara selesai, peer yang harus dilakukan adalah membersihkan rumah dan peralatan masak dan piranti makan yang biasanya penuh dengan lemak.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat kegiatan mencuci piring.

- Penuhi sink cuci piring atau baskom dengan air hangat dan sabun, lalu rendam alat makan yang sudah bersih dari sisa makanan selama beberapa saat.

Merendam peralatan yang akan dicuci juga akan menghemat air dan sabun dibanding mencucinya satu persatu di bawah air keran.

- Cuci dengan spons atau sikat menggunakan sabun pencuci piring yang memang terkenal kuat menghilangkan noda dan lemak.

Salah satu yang direkomendasikan adalah produk sabun pencuci piring dari Tupperware.

"Kebiasaan kita sebagai orang Indonesia adalah masak menggunakan rempah beraroma kuat serta penggunaan minyak yang tinggi. Sabun Tupperclean ini punya kemampuan membersihkan lemak yang tinggi," kata Marketing Direktur PT.Tupperware Indonesia, Nurlaila Hidayaty.

Baca juga: Mesin Cuci Piring Bisa Jadi Penyebar Infeksi dalam Rumah

Tupperclean diswashing pasteTupperware Tupperclean diswashing paste

Selain menghilangkan lemak dan bau pada piranti makan, termasuk yang terbuat dari plastik, menurut Nurlaila, sabun berbentuk pasta ini juga bisa mengangkat noda hitam pada alat masak.

- Untuk peralatan makan yang dipakai untuk susu atau mentega, sebaiknya gunakan air dingin. Produk susu yang terkena air hangat akan menggumpal.

- Setelah dibilas, keringkan peralatan makan di rak pengering sebelum disimpan. Mengeringkan peralatan yang sudah dicuci dengan udara jauh lebih higienis dibanding mengelap dengan lap, kecuali lap itu benar-benar bersih.

Baca juga: Viral Sabun Cuci Piring Digunakan untuk Cuci Baju, Ini Penjelasan Ahli

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X