Kompas.com - 24/12/2019, 10:12 WIB
Ilustrasi pohon natal Ilustrasi pohon natal

KOMPAS.com - Natal identik dengan pohon cemara yang dihiasi lampu dan ornamen cantik, Santa Claus dan kado, serta acara makan bersama. Itu adalah hal umum yang semua orang ketahui.

Setiap negara ternyata memiliki tradisi perayaan Natal yang berbeda-beda. Berikut ini keunikan perayaan Natal di beberapa negara yang diolah dari berbagai sumber.

1. Amerika Serikat
Orang Amerika merayakan Natal secara meriah. Mereka akan menghias rumah mereka dengan dekorasi Natal yang heboh. Suasana meriah ini juga akan terlihat di jalan-jalan, mal, hingga gedung perkantoran.

Makanan tradisional yang ditemui saat Natal adalah kue jahe dan eggnog, yakni minuman manis dari kuning telur yang dikocok dengan air dan gula atau susu. Untuk perasa, eggmog meggunakan bubuk vanili, pala, atau kayu manis. Minuman ini bisa menjadi minuman beralkohol dengan tambahan rum, brendi, atau wiski.

Beberapa hari sebelum Natal, orang Amerika juga punya kebiasaan mengirimkan kartu Natal kepada teman atau kerabatnya. Pada hari Natal, sebagian besar akan pergi ke gereja untuk merayakan kelahiran Yesus dan mendengarkan kisah Natal serta lagu-lagu Natal.

Baca juga: Natal di Hong Kong? Lihatlah Rajutan Raksasa di Harbour City...

2. Australia
Acara paling populer selama Natal di Australia disebut Carols by Candlelight. Orang-orang datang bersama di malam hari untuk menyalakan lilin dan menyanyikan lagu-lagu Natal di luar. Carols by Candlelight biasa dinyanyikan oleh penyanyi terkenal Australia, bahkan anak-anak dari berbagai sekolah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena Natal di Australia terjadi di pertengahan musim panas, sebagain besar keluarga di Australia senang melakukan aktivitas luar ruang. Mereka suka berenang, berselancar, dan naik sepeda. Selain itu, mereka suka acara barbeque.

Tak lengkap rasanya jika Natal tanpa pohon Natal, warga Australia juga menghiasi rumah-rumah mereka dengan tandan 'Christmas Bush', pohon asli Australia dengan daun kecil berwarna hijau dan bunga berwarna krem.

Pada Malam Natal, keluarga menghadiri misa di gereja bersama. Setelah itu ada pesta dan kunjungan meriah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X