Kompas.com - 24/12/2019, 21:11 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dikenal memiliki selera berpakaian yang unik. Apa saja yang dikenakannya sering menjadi perhatian publik, dari sepatu, kemeja, dan jaket yang dikenakannya pada acara tertentu.

Kali ini, pakaian Jokowi kembali dilirik oleh publik saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara pada Jumat (20/12/2019).

Pada kunjungannya, Jokowi memakai jaket berwarna merah dengan artwork grafity pada bagian punggung jaket.

Diketahui, seniman yang mendesain jaket tersebut adalah Muhammad Haudy. Ia juga selaku pemilik studio seni yang mengerjakan sepatu dan jaket custom dari sejumlah seniman di Indonesia, Never Too Lavish.

Baca juga: Kisah di Balik Jaket Graffiti yang Dipakai Jokowi ke Kalimantan

Tidak hanya pihak Never Too Lavish yang berkontribusi, mereka juga berkolaborasi dengan komunitas motor "Bulls Syndicate".

"Kita menggunakan jaket Bulls Syndicate dan baru di-custom beberapa hari sebelum Bapak ke Kalimantan," ujar Haudy saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (24/12/2019).

Ia menyebutkan, bahwa jaket itu dibuat atas permintaan Jokowi sekitar tanggal 10 Desember 2019.

Adapun tema yang diusung dalam jaket tersebut adalah "Graffiti Tagging".

Menurutnya, tema itu dipilih untuk mengangkat seniman grafiti di Indonesia.

"Jadi artisan di Never Too Lavish kan aslinya rata-rata seniman graffiti. Nah, supaya kita back to the roots, kita mau angkat grafiti tangging ini menjadi sebuah artwork di jaket yang digunakan oleh Presiden," ujar Haudy.

"Dan jaket tersebut artwork-nya dikerjakan oleh beberapa artisan kita agar dapat berkontribusi terhadap hasilnya," lanjut dia.

Baca juga: Kata Desainer Soal Busana Putih Hitam Para Calon Menteri Jokowi

Tidak hanya kali ini saja Jokowi memesan jaket lukis custom kepada Never Too Lavish.

Haudy mengaku, jaket Bulls Syndicate dengan tema "Graffity Tagging" merupakan produk ke-6 yang dipesan Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi pernah memesan jaket Asian Games berwarna hitam dengan gambar sejumlah atlet di bagian punggung, jaket denim tema Indonesia, jaket berwarna hitam bertuliskan "Kerja, kerja, kerja", dan lainnya.

Puas dengan hasil karya anak bangsa, hal ini lah yang membuat Jokowi langgeng memesan produk Never Too Lavish sejak 2018.

Baca juga: Jokowi Ikut Membatik Bersama 500 Pembatik di Solo

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.