Kompas.com - 26/12/2019, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Memasang pohon natal beserta ornamennya di rumah menjadi rutinitas tahunan jelang momen hari natal. Namun, setelah natal berlalu, tak sedikit yang bingung memindahkan pohon tersebut.

Jika kamu salah satunya, beberapa opsi di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi. Sehingga, kamu tak sekadar menyingkirkan pohon natal tersebut, namun bisa memanfaatkannya kembali.

1. Mengembalikannya pada alam

Asosiasi Pohon Natal Nasional memiliki banyak ide berkelanjutan untuk mendaur ulang pohon, termasuk pohon natal.

Menurut mereka, pohon-pohon tua menjadi tempat pakan yang bagus dan tempat berlindung bagi ikan di kolam pribadi.

Jika kamu memiliki ikan peliharaan di rumah, kamu bahkan bisa memutuskan cabang-cabang kecil untuk dekorasi tangki ikan-ikan kecil.

Pohon juga bisa menjadi tempat singgah burung. Kamu bisa meletakannya secara berdiri di halaman rumah dan meletakan buah atau popcorn di batangnya untuk makan burung. Namun pastikan ornamen-ornamennya sudah dilepas.

Baca juga: Kenali Gejala Alergi Pohon Natal dan Cara Mengatasinya

2. Keperluan kebun

Jika kamu memiliki kebun, kamu bisa memanfaatkan pohon natal bekas tersebut sebagai alas yang bagus.

Setelah terkelupas, cabang-cabangnya dapat digunakan untuk memperkaya dan melindungi tanah kebun.

Lapisan tipis cabang juga dapat berfungsi sebagai dasar tumpukan kompos segar. Irisan tunggul juga bisa menjadi alas jalan setapak di sepanjang taman atau melapisi perbatasan taman.

Selain itu, pohon natal juga bisa ditanam kembali. Sehingga tahun depan saat membutuhkan pohon natal, kamu bisa mencabutnya kembali dan membeli semacam wadah yang bisa menampung pohon dengan akarnya.

Namun, opsi ini tentu saja tergantung pada ruang dan iklim pekarangan. Sebab pohon tersebut akan bisa bertahan di iklim ringan.

3. Membuat kerajinan

Ada banyak cara untuk membuat kerajinan dan barang kreatif dengan pohon. Batang pohon natal yang lebar cocok untuk dibuat benda seni seperti tatakan gelas, ornamen, dan lainnya.

Kamu juga bisa mewarnainya dengan cat atau spidol, menyulapnya menjadi hiasan mewah atau menjadikannya bahan bakar di pembakaran kayu.

Selain itu, beberapa cabang yang masih utuh bisa digunakan untuk karangan bunga atau pelapis jendela. Cabang dan potongan tunggul juga dapat digunakan kembali untuk membuat ranting-ranting kecil atau hiasan Santa.

Baca juga: Tips Menjaga Pohon Natal Cemara Asli Tetap Segar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.