Diet Keto atau Diet Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Baik?

Kompas.com - 27/12/2019, 09:43 WIB
Ilustrasi diet keto dan puasa shutterstockIlustrasi diet keto dan puasa

KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun, banyak orang kembali sibuk membuat resolusi. Salah satu hal yang sering masuk dalam daftar resolusi adalah menurunkan berat badan. Berbagai jenis diet pun menjadi pertimbangan.

Dari semua jenis diet, yang paling populer belakangan ini adalah diet keto dan diet rendah karbo, yang mana keduanya menawarkan rencana penurunan berat badan secara cepat.

Tetapi pertanyaan tentang komitmen jangka panjang tergantung pada berbagai faktor, seperti kepraktisan dan jumlah energi yang digunakan.

Diet keto membolehkan konsumsi karbohidrat hingga 20 gram atau persen dari asupan harian yang sebagian besar terdiri dari lemak sehat.

Ini untuk memastikan bahwa energi diambil dari lemak dan bukan dari glukosa.

Baca juga: Berat Badan Turun Drastis di Awal Diet, Apa Sebabnya?

Efek buruk dari diet keto adalah bahwa mengurangi konsumsi karbohidrat secara drastis dapat menyebabkan flu, kelelahan, konsentrasi menurun, hingga bau mulut.

Menjaga jumlah asupan sayuran dan karbohidrat sesuai aturan adalah kunci agar tidak keluar dari kondisi ketosis – ketika tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar, yang mana ini sebenarnya sulit dicapai.

Kim Kardashian dan Gwyneth Paltrow adalah pelaku diet keto, tetapi mereka memiliki tingkat komitmen yang tinggi untuk memertahankannya.

Namun para ahli gizi khawatir jika ini dilakukan orang awam, yang tidak memiliki sumber daya sebanyak yang mereka miliki.

Baca juga: 8 Efek Samping yang Mungkin Dirasakan Ketika Menjalani Diet Keto

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X