Benarkah Sabun Antibakteri Efektif Membunuh Kuman?

Kompas.com - 28/12/2019, 14:23 WIB
Ilustrasi mencuci tangan hxdbzxyIlustrasi mencuci tangan

KOMPAS.com - Semoga kamu tak pernah lupa untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah bersin.

Kalau selama ini kamu mengandalkan perlindungan ekstra dari sabun antibakteri, kamu kemungkinan akan terkejut mengetahui bahwa produk-produk tersebut sebenarnya tidak menawarkan pencegahan khusus terhadap kuman.

Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah melarang penjualan sabun yang mengandung bahan kimia antibakteri tertentu, karena produsen produk tersebut belum membuktikan bahwa produknya aman untuk digunakan dalam jangka panjang atau lebih efektif daripada air dan sabun biasa.

Aksi FDA menyertakan 19 bahan kimia yang merupakan bahan dalam sekitar 40 persen sabun, termasuk sabun tangan cair dan sabun batang.

Bahan kimia yang paling umum adalah triclosan, yang sebagian besar digunakan dalam sabun cair, dan triclocarban, bahan yang digunakan dalam sabun batangan.

Baca juga: 7 Langkah Cuci Tangan yang Efektif Singkirkan Kuman

Menurut FDA, beberapa data menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, bahan kimia antibakteri kemungkinan lebih banyak bahayanya ketimbang kebaikannya.

Penelitian menunjukkan, bahwa paparan jangka panjang terhadap bahan kimia ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, seperti resistensi bakteri atau efek hormonal.

“Mencuci tangan dengan sabun biasa dan air mengalir tetap menjadi salah satu langkah paling penting dan efisien yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit dan mencegah penyebaran kuman ke orang lain,” kata dokter keluarga Daniel Allan, MD.

Cuci tangan dengan benar

“Delapan puluh persen dari semua infeksi ditularkan melalui sentuhan, tetapi kita dapat menghindarinya dengan hanya mencuci tangan dengan cara yang benar,” kata Dr. Allan.

Selain itu jika memungkinkan, pilihlah air hangat untuk mencuci tangan. Air hangat adalah yang terbaik, karena dapat melepaskan minyak dan tanah di tangan.

“Gunakan setidaknya satu sendok teh sabun, dan busakan sabun selama setidaknya lima belas detik sebelum dibilas dengan baik. Lalu keringkan tangan menggunakan handuk bersih,” ujar Allan.

Baca juga: Meski Pakai Toilet Pribadi, Jangan Malas Cuci Tangan...

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X