Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2019, 21:39 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Sehari-hari berada di dalam ruangan ber-AC dan sedikit berkeringat membuat kamu merasa tubuhmu bersih, sehingga ada kalanya merasa tak perlu selalu mencuci pakaian setiap hari, termasuk bra.

Sebenarnya tak ada ilmu pasti yang menentukan seberapa sering kamu harus mencuci bra. Tetapi, menurut dokter kulit Alok Vij, MD, aturan umumnya adalah mencuci bra setiap dua sampai tiga kali pemakaian.

“Beberapa jam pemakaian bra dengan sedikit keringat bisa tidak dihitung sebagai pemakaian satu kali, tapi beberapa jam dengan banyak keringat bisa dianggap sebagai satu kali atau dua kali pemakaian,” jelas Vij.

Selain itu penting juga untuk tidak memakai satu bra terus-menerus, agar bagain cup dan tali pengait tetap terjaga bentuk dan elastisitasnya.

"Kamu bisa mengenakan bra yang sama dua hari berturut-turut, asalkan kamu melepasnya selama beberapa jam di antaranya untuk mengembalikan bentuk bra," kata Dr. Vij.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Ini 8 jenis Bra dan Fungsinya

"Hindari memakai bra ‘andalan’ hari demi hari, karena hanya akan membuatnya kehilangan bentuk lebih cepat."

Cara terbaik untuk memerpanjang umur bra

Salah satu cara menjaga kualitas bra tetap baik adalah dengan mencucinya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, minyak, dan keringat.

"Semua sel kulit mati, minyak, dan keringat yang terperangkap di bawah bra menjadi tempat berkumpulnya bakteri," ujar Dr. Vij.

"Jarang mencucinya dapat menyebabkan noda dan bau yang menetap pada bra - serta iritasi kulit, ruam atau infeksi kulit lokal dari jamur atau bakteri."

Sayangnya, semakin sering mencuci bra juga semakin tinggi tekanan pada kain, sehingga cup bra cenderung kehilangan bentuk dan tali bra kehilangan elastisitasnya.

Baca juga: Adakah Kaitan antara Bra dan Sakit Punggung?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com