Tetap Kerja Produktif di Momen Libur Panjang

Kompas.com - 30/12/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Momen liburan Natal dan Tahun Baru yang cukup panjang merupakan waktu yang pas untuk menikmati kebersamaan dengan bersama keluarga atau kerabat, namun sebagian lainnya masih harus menyelesaikan pekerjaan sebelum tahun baru tiba.

Menjaga produktivitas di momen libur panjang seperti saat ini memang cukup sulit. Namun, pelatih karir dan pembawa acara podcast You Turn Podcast, Ashley Stahl berbagi cara agar kita tetap bisa menjaga semangat kerja di tengah momen libur panjang ini.

Berikut tipsnya, seperti dilansir dari laman Forbes:

1. Jangan lakukan yang orang lain lakukan

Orang-orang sukses tidak merasakan sukses karena mereka mengikuti orang lain. Mereka sukses karena melakukan apa yang ditakutkan orang-orang kebanyakan.

Ketika banyak orang sudah mengambil jatah libur panjangnya, berkomitmen lah untuk mengisi waktu-waktu tersebut dengan tugas yang perlu dilakukan. Ini bisa diwujudkan dengan melanjutkan pekerjaan yang sedang kamu lakukan meski mungkin sedikit demi sedikit.

Aturlah waktunya. Bisa satu jam sehari, tujuh jam dalam seminggu atau lebih untuk fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Dengan membaginya menjadi waktu-waktu singkat, pekerjaan tersebut akan terasa lebih ringan.

Kamu mungkin akan dicap sebagai 'workaholic' atau kehilangan sedikit waktu bersantaimu, namun ingatlah bahwa ke depan kamu akan bersyukur pada dirimu sendiri karena pernah sedikit demi sedikit mencicil pekerjaanmu di momen liburan.

Baca juga: Mindfulness, Kiat Tetap Asyik di Tengah Lingkungan Kerja yang Toxic

2. Gunakan jejaring untuk membangun komunitas

Ketika menghadiri suatu pertemuan atau pesta, mulailah membangun jejaring. Berpesta bisa jadi merupakan salah satu kegiatan favoritmu, namun ingatlah bahwa keesokan harinya kamu mungkin akan mabuk di tempat kerja dan tidak bisa maksimal dalam bertugas.

Halaman:


Sumber Forbes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X