Tips Sukses Diet, Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Magnesium

Kompas.com - 30/12/2019, 19:14 WIB
Ilustrasi diet Rawpixel LtdIlustrasi diet

KOMPAS.com - Vitamin dan mineral punya peran penting terhadap fungsi tubuh kita. Setiap nutrisi, baik hewani maupun nabati, punya perannya masing-masing.

Misalnya, kalsium yang penting untuk tulang, zat besi yang membantu produksi sel darah merah, dan lainnya.

Begitu pula dengan magnesium, mineral yang penting untuk sistem 300 enzim dalam tubuh. Mineral membantu mengatur tingkat gula darah, menurunkan tekanan darah dan penting untuk kerja jantung, otot dan ginjal.

Namun, tahukah kamu bahwa mineral juga berperan penting dalam penurunan berat badan?

Baca juga: Diet Keto atau Diet Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Baik?

Sejumlah studi menyebutkan, bahwa asupan magnesium yang cukup disertai pola makan sehat dan sesi olahraga yang intensif bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Berikut tiga alasan mengapa kita perlu mencukupi asupan magnesium ketika sedang menurunkan berat badan:

1. Mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur

Kita semua tahu bahwa kurang tidur dan stres bisa menghambat proses penurunan berat badan. Jadi, ketika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, usahakan mengontrol dua faktor tersebut.

Sejumlah studi menyebutkan, bahwa konsumsi sejumlah magnesium setiap harinya bisa mengurangi stres dan kecemasan. Itulah mengapa magnesium kerap disebut sebagai mood booster alami.

Selain itu, konsumsi magnesium juga dapat menenangkan pikiran dan kamu akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari.

2. Meningkatkan performa

Untuk menurunkan berat badan, penting untuk memerbanyak aktivitas fisik. Sebab tanpa aktivitas fisik, akan sulit mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Magnesium memiliki peran penting dalam kontraksi otot dan meningkatkan performa. Hasilnya, kita mampu berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah. Kondisi ini memungkinkan kita membakar lebih banyak kalori dalam periode singkat.

3. Membantu melawan inflamasi

Olahraga dan sakit otot adalah dua hal yang saling berkaitan. Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, olahraga intensif akan membantumu meraih hasil yang lebih maksimal. Namun, olahraga keras berpotensi menyebabkan sakit otot.

Sejumlah studi menyebutkan, magnesium dapat membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh. Proses pemulihan otot akan lebih cepat dan kamu tak perlu melewarkan sesi olahragamu karena alasan sakit otot.

Baca juga: 7 Diet Terpopuler Sepanjang 2019

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X