Langkah Penting yang Harus Dilakukan Setelah Rumah Kebanjiran

Kompas.com - 01/01/2020, 10:20 WIB
Kondisi banjir di Perum Narogong, Kota Bekasi, Rabu (1/1/2020). IstimewaKondisi banjir di Perum Narogong, Kota Bekasi, Rabu (1/1/2020).

KOMPAS.com - Sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan di sepanjang malam pergantian tahun hingga pagi ini.

Beberapa lokasi pemukiman di Jabodetabek bahkan dilanda banjir dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Adanya air yang masuk ke dalam rumah dan menggenangi perabotan tentunya memberi pekerjaan rumah baru.

Rumah yang kebanjiran bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti cuaca ekstrim, atau faktor internal, seperti kegagalan pemasangan saluran ledeng dan hal teknis lainnya.

Baca juga: Terdampak Banjir, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tak Beroperasi

Namun, apapun alasannya, ada sejumlah hal mendasar yang perlu kamu lakukan setelah rumahmu kebanjiran demi melindungi keluarga, kesehatan, dan rumah itu sendiri.

Simak tipsnya, seperti dilansir dari Safe Wise:

1. Hentikan aliran air dari sumbernya

Kecuali karena faktor alam, jika banjir melanda kediamanmu cobalah cari sumbernya dan coba tutup sumber aliran air tersebut. Misalnya, menutup klep-klep atau menghalangi celah lainnya yang menjadi sumber aliran air.

2. Mematikan aliran listrik

Setelah sumber aliran air sudah ditutup atau dihentikan, matikanlah sistem aliran listrik di rumahmu.

Namun, pastikan kamu tidak berjalan melalui genangan air untuk menuju sekring listrik. Jika kamu tidak bisa meraihnya tanpa melangkahi air, cobalah meminta bantuan ahlinya.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Pasca-banjir

3. Melakukan evakuasi

Jika keadaan semakin memburuk dan kamu merasa tak bisa menghentikannya, lakukanlah evakuasi atau pengungsian ke luar rumah.

Temukan tempat yang kering dan aman. Kamu bisa pergi ke halaman, rumah tetangga atau rumah kerabat lain yang tidak mengalami masalah serupa.

Pastikan semua penghuni, mulai dari anak-anak, orang tua hingga binatang peliharaan yang ada di dalam rumah bisa dibawa ke tempat aman dan tidak terluka.

Dalam konteks bencana alam, cobalah cari tempat pengungsian sementara. Kamu bisa mencari pihak berwenang atau mendengarkan berita. Pergilah ke tempat tersebut sesegera mungkin.

Baca juga: Langkah Awal Tangani Mobil yang Terendam Banjir, Cabut Kabel Aki

4. Meminta bantuan

Ketika semua sudah berada di tempat yang kering dan aman, carilah bantuan. Misalnya, ketika ada anggota keluargamu yang membutuhkan perhatian medis atau kamu perlu melaporkan kejadian banjir di rumahmu (jika sudah parah).

Jika rumah yang kamu tempati adalah sewaan, kamu bisa menghubungi si pemilik tempat sehingga dia tahu apa yang terjadi.

5. Selamatkan dokumen

Jika kamu masih sempat menyelamatkan barang-barang penting ketika genangan air masuk ke rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kekacauan yang ditimbulkan.

Namun, sebelum itu pastikan kamu sudah menyelamatkan semua dokumen-dokumen penting dan memastikannya aman.

Air yang masuk ke rumah mungkin saja turut membawa sampah atau material berbahaya lainnya, maka penting untuk tidak menyentuhnya.

Jika perlu, gunakan pelindung sebelum masuk ke dalam air (jika terdapat genangan), seperti menggunakan sepatu bot anti-air, dan lainnya.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Pasca-banjir

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Safewise
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X