Cara Menyelamatkan Stok Makanan Saat Rumah Kebanjiran

Kompas.com - 01/01/2020, 18:46 WIB
Perumahan Villa Mutiara Gading, Bekasi Timur juga turut terkena banjir. Ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa. Dok. PribadiPerumahan Villa Mutiara Gading, Bekasi Timur juga turut terkena banjir. Ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa.

KOMPAS.com - Ketika banjir terjadi selama beberapa jam dan air mulai masuk ke dalam rumah, salah satu hal yang mungkin kita pikirkan adalah menyelamatkan stok makanan.

Di tengah kondisi banjir, apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan stok makanan?

Situs Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration) menyebutkan beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Jangan konsumsi makanan apapun yang terkontak dengan air banjir.

2. Buang makanan dan minuman apapun yang tidak berada dalam kemasan tahan air (waterproof), sebab kemungkinan air banjir akan masuk.

Wadah makanan yang tahan air antara lain yang tidak rusak, berada dalam kaleng logam dan berada dalam kemasan fleksibel, seperti kantong makanan laut.

3. Buang juga jus, susu atau susu formula bayi yang ada dalam kotak kemasan dan makanan rumahan kalengan jika terkena kontak air banjir. Sebab, kemasan-kemasan tersebut tidak akan bisa dibersihkan secara efektif.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Pasca-banjir

4. Buang makanan kaleng yang rusak kemasannya. Seperti kemasan kaleng dengan kondisi penyok, bocor, berlubang, patah, dan kerusakan parah lainnya

5. Bersihkan panci metal, peralatan berbahan keramik dan peralatan lainnya (termasuk pembuka botol) dengan sabun dan air.

Gunakan air panas jika memungkinkan. Bilas dan sterilkan menggunakan air bersih mendidih atau menggunakan disinfektan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber FDA
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X