Kompas.com - 03/01/2020, 15:44 WIB
ilustrasi diet vegan shutterstockilustrasi diet vegan

KOMPAS.com - Di saat sebagian besar menerapkan diet vegan karena faktor lingkungan untuk kelestarian planet ataupun demi kesehatan, nyatanya terdapat sejumlah manfaat bagi mereka yang ingin sekaligus menurunkan berat badan.

Manfaat dari diet vegan dalam menurunkan berat badan sejatinya bukan hal mengejutkan. Pasalnya, pola makan ini membatasi banyak jenis makanan khas dalam pola makan standar Amerika.

Itu artinya, pelaku diet vegan akan menyantap lebih sedikit makanan karena pilihan makanan yang tersedia tidaklah banyak, itu juga berarti mengonsumsi kalori dalam jumlah yang lebih sedikit.

Makanan yang bisa dikonsumsi dalam pola makan vegan pun cenderung tinggi serat, yang mana merupakan makanan baik untuk mengisi usus.

Baca juga: Benarkah Menjadi Vegan Dapat Membantu Fungsi Ereksi?

Makanan berserat tinggi umumnya juga mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan.

Jenis makanan ini biasanya membutuhkan kita untuk lebih banyak mengunyah, yang kemudian akan memerlambat proses makan, serta menurunkan level hormon kelaparan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari diet vegan, yaitu makanan kaya serat bisa "menghalangi" beberapa makanan dalam proses pencernaan. Artinya, sejumlah kalori tidak diproses di usus kecil sebelum berpindah ke usus besar.

Material makanan akan dipindahkan lewat usus besar lalu difermentasi oleh bakteri di usus besar.

Produk fermentasi --di antaranya asam lemak rantai pendek-- mampu memengaruhi hormon yang berkaitan dengan rasa kenyang.

"Mengonsumsi produk makanan nabati utuh bisa sangat mengenyangkan, tapi dengan lebih sedikit kalori dibandingkan pola makan standar Amerika," ucap Spencer Nadolsky, DO, dokter obesitas kepada RPHealth.com.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Pilih Pola Makan Vegan

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X