Kompas.com - 03/01/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi ponsel dmbakerIlustrasi ponsel

KOMPAS.com – Dibandingkan benda lain, ponsel merupakan benda yang paling sering kita pegang, barangkali kecuali sedang tidur dan mandi. Karena itu, gawai ini juga berpengaruh pada kesehatan kita, baik secara positif atau negatif. Apa saja?

1. Membuat aman
Ponsel dapat mebuatmu lebih aman. Sebuah studi dalam Journal of Emergency Medicine yang menganalisis pengiriman darurat selama 11 tahun mengungkapkan, 137 lebih nyawa diselamatkan per 100.000 pasien ketika orang menelepon 911 dari ponsel daripada telepon rumah.

2. Mengacaukan tidur
Sambil menunggu kantuk, biasanya orang akan berselancar di internet atau media sosial melalui gawai. Kebiasaan ini sebenarnya mengganggu tidur. Panjang gelombang pendek dan cahaya biru yang dipancarkan perangkat ponselmu dapat meningkatkan perhatian pada siang hari.

Namun, saat malam cahaya tersebut dapat menghambat produksi melatonin yang dibutuhkan untuk tidur. Untuk menghindarinya, biasakan tidak menggunakan ponsel 30 menit sebelum tidur.

Baca juga: Terlalu Dini Kenalkan Gadget, Salah Satu Penyebab Anak Telat Bicara

3. Kurang fokus
Saat kita terbangun akibat dengungan tunggal dari notifikasi di gawai, hal ini dapat melemahkan kemampuan untuk fokus pada suatu tugas. Untuk mengatasi hal tersebut, alihkan ponsel ke mode “jangan ganggu” (don’t disturb).

4. Kesampingkan ponsel
Mengesampingkan ponsel saat Anda sendirian, ketimbang main game, dapat membantu menghadirkan ide-ide kreatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika kamu bosan, empat area berbeda di otakmu aktif dan bekerja sama untuk menarik pikiran acak lalu menggabungkannya dengan cara yang unik," kata psikolog Larry Rosen, penulis The Distracted Mind.

Nah, hal itu tidak terjadi jika kita selalu mengusir rasa bosan dengan memakai gawai.

5. Membuat sakit
Orang modern sekarang ini menghabiskan lebih dari lima jam sehari untuk berselancar mengetik dan mengetuk gawai mereka, dan hal ini juga memicu rasa sakit pada sendi. "Selfie elbow" adalah cedera pada peregangan siku yang dikarenakan siku sering berada dalam sudut ekstrem dan 85.000 orang per bulan melakukan itu untuk memakai gawai.

Ilustrasi anak-anak bermain gadgetShutterstock Ilustrasi anak-anak bermain gadget

6. Kotor
Menurut ahli mikrobiologi University of Arizona Charles Gerba, sebagian ponsel dipenuhi dengan kuman, bahkan bisa sepuluh kali lipat dari yang kamu temukan di toilet. Sebaiknya lap ponsel setiap hari dengan pembersih anti bakteri yang ramah gadget atau kain microfiber.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.