Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Mementingkan Diri Sendiri dalam Sebuah Hubungan

Kompas.com - 03/01/2020, 19:00 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski sudah berpasangan, bukan berarti kita harus menggantungkan segalanya pada si dia. Kita tetap harus memiliki sifat mandiri dan bahagia, salah satunya dengan memperhatikan diri sendiri (self care).

Perawatan diri atau self care agaknya egois namun, pada dasarnya self care bertujuan untuk mempertahankan hubungan yang sehat dengan diri sendiri. Jika kita sudah menguasainya, hal tersebut sebenarnya berdampak positif dalam banyak hal, termasuk hubungan cinta

Menjadikan perawatan diri sebagai prioritas rutin membantumu bertanggung jawab atas kesejahteraan fisik, mental, dan emosional dirimu sendiri daripada mengandalkan pasangan.

Kamu tidak yakin harus mulai dari mana? Berikut rutinitas self care yang mudah dan efektif agar kamu jauh lebih mandiri.

Meditasi
Banyak manfaat dari meditasi bagi kamu yang menjalani hubungan. Mulai dari mengatur konflik dengan mudah, hingga mengatur emosi secara lebih baik. Praktik ini akan membantu upayamu mempertahankan kemandirian dengan membuatmu sadar akan respon fisik, mental, serta emosional.

Jalani kegiatan yang benar-benar hobimu pribadi
Entah itu menonton konser, fotografi, atau membaca novel, memiliki hobi akan membantumu tetap mandiri dalam hubungan cinta. Sebab, hal itu memberi kebanggaan, semangat, dan pencapaian yang hanya bisa kamu rasakan seorang diri.

Baca juga: Berhenti Bertahan bila Hubungan Sudah Tak Sehat

Mungkin saja ada hobi yang kamu jalani sebelum bertemu pasangan. Atau bisa juga sesuatu yang baru menarik perhatian dan minatmu.

Terlepas dari itu semua, tuliskan di selembar kertas bersama beberapa langkah yang dapat dicapai untuk menjadi lebih baik lewat hobi tersebut. Misalnya, jika kamu tertarik melukis atau melakukan penelitian, maka cantumkan ke dalam list hobi kreatif.

Begitu kamu mengetahui hobi apa yang ingin kamu fokuskan dan jadwalkan waktu. Bukan masalah kalau kamu hanya bisa menyisihkan waktu sekitar 15 menit atau dua jam setiap minggu. Intinya, kamu mematuhi dan bertanggung jawab atas daftar hobi yang telah kamu buat.

Ucapkan kalimat penegasan bernada positif secara rutin
Mengucapkan kalimat afirmasi atau penegasan positif adalah cara sederhana namun kuat untuk mengubah pola pikirmu. Jadi, apabila tujuanmu adalah tetap mandiri dalam hubungan, cari kata-kata yang menurutmu tepat dan mampu menekankan individualitas serta perasaanmu.

Beberapa contohnya meliputi:

“Aku merayakan keunikanku.”

“Aku tidak butuh orang lain untuk bahagia. Diriku saja sudah cukup.”

“Aku tetaplah kuat, puas, dan layak dicintai walau tanpa pasangan.”

Kamu bisa menulis kalimat afirmasi ini pada sticky note yang ditempel di cermin kamar mandi, kulkas, atau tempat lain yang sering dilihat. Tapi mengatakannya dengan lantang adalah cara terbaik untuk membantumu lebih mandiri.

Baca juga: Jangan Nikah Sebelum Melakukan Ini dengan Pasangan

Jadwalkan hangout bersama teman 
Menjaga pertemanan di luar hubungan cinta merupakan kunci kebebasanmu. Karena itu memberimu pandangan lain sekaligus memenuhi pengalaman yang tidak melibatkan pasangan.

Jika sebelumnya kamu punya banyak waktu untuk bersosialisasi dengan teman, otomatis sebagian dari waktumu tersita bersama pasangan. Terkadang hal ini membuat hubungan pertemananmu akan memburuk. Ada baiknya kamu jadwalkan hangout bersama teman tanpa membawa pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com