Diet Keto Dianggap sebagai Diet Terburuk

Kompas.com - 04/01/2020, 10:34 WIB
Ilustrasi diet keto pamela_d_mcadamsIlustrasi diet keto


KOMPAS.com - Setiap tahun, US News & World Report membuat peringkat diet terbaik dan terburuk untuk tahun mendatang. Tahun ini, diet ketogenik lagi-lagi menduduki peringkat yang terburuk dalam beberapa kategori, meskipun popularitasnya terus berlanjut.

Pola makan tinggi lemak, rendah karbohidrat, memang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Penganut diet ini mampu menurunkan berat badan, meningkatkan energi, dan indikator lain secara keseluruhan dengan mengubah tubuh ke keadaan ketosis, di mana makanan yang mengandung lemak akan terbakar menjadi energi, bukannya gula.

Tetapi, menurut panel yang terdiri dari ahli gizi dan spesialis di bidang diabetes, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan, diet keto mendapatkan peringkat terburuk untuk makan sehat dan peringkat kedua secara keseluruhan.

Peringkat tersebut didasari pada tujuh katagori, di mana setiap jenis diet dinilai pada skala dari satu hingga lima.

Ketujuh katagori tersebut adalah kelengkapan nutrisi, kemudahan melakukan diet, potensi penurunan berat badan jangka panjang dan jangka pendek, keamanan dan kemungkinan efek samping, serta potensi untuk membantu mencegah penyakit seperti jantung dan diabetes.

Diet keto dinilai buruk bagi kesehatan jantung. Sebab, banyak bentuk diet keto bergantung pada lemak jenuh, seperti mentega dan daging merah. Makanan tersebut dapat berkontibusi pada risiko penyakit jantung,

Diet ini pun mendapat peringkat rendah untuk keberlanjutan. Batasan ketat dalam mengonsumsi segala jenis karbohidrat membuat keto sulit diikuti, terutama dalam jangka panjang.

Satu-satunya keunggulan diet keto yaitu dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, banyak para ahli yang memberi peringatan bahwa diet tersebut tidak sehat untuk dilaksanakan.

Baca juga: Diet Keto atau Diet Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Baik?

Masih menurut panel tersebut, diet keto dan atkins memang efektif menurunkan berat badan, tetapi hanya dalam jangka pendek. Kepatuhan jangka panjang terhadap diet keto hampir tidak mungkin. Para ahli juga memandang diet keto adalah rencana makan yang tidak seimbang secara nutrisi.

Ilustrasi. Ilustrasi.

Diet Mediterania tetap teratas

Sementara itu, di peringkat paling atas sebagai diet terbaik masih dipegang oleh diet Mediterania selama tiga tahun berturut-turut.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X